Wabup Apri Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK Bungo

Dibaca: 157 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Aprianto secara Resmi membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan, di UPT BLK Kabupaten Bungo, Kamis (15/4/2021).

Dengan tetap memerhatikan Protokol Kesehatan Covid-19 yang ketat. Pada kesempatan itu turut dihadiri, Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Bungo, Hj Anna lukita, Kepala UPT BLK Bungo Yogi Sugama, Kepala Lapas Kelas IIB Muara Bungo, Perwakilan BBPLK Medan, serta Seluruh peserta pelatihan.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Aprianto menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kegiatan yang dilaksanakan BLK Bungo. Wabup berharap kepada seluruh peserta nantinya untuk dapat mengembangkan apa yang sudah didapat dan dipelajari di balai latihan kerja ini.

“Mudah-mudahan dengan adanya Pelatihan ini akan manambah pengetahuan, skill dan sikap para peserta. Karena saat ini, kompetensi menjadi penting bagi tenaga kerja yang mempunyai skill dan keterampilan. Sehingga melalui Pelatihan ini para peserta dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan dapat diaplikasikan nantinya,” ungkap Wabup Apri.

Lebih lanjut Apri mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Bungo sangat menyambut baik kegiatan ini, dan berkomitmen memberikan kompetensi kepada seluruh tenaga kerja, sehingga bermuara pada peningkatan kemampuan.

“Kita juga bersyukur tadi pelatihan juga diikuti oleh peserta warga binaan Lapas kelas IIB Muara Bungo. Harapan kita ketika selesai masa hukuman, mereka sudah bisa bekerja dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Bungo, Hj. Anna Lukita, Mengatakan kegiatan Pelatihan yang dilaksanakan ini, merupakan anggaran dari kementerian, yang mana dana nya tersedia di Balai besar Medan, karena BLK Bungo adalah Binaan Medan.

“Pada pelatihan ini diikuti sebanyak 112 orang peserta. Terbagi atas 7 sub kejuruan, dimana masing-masing peserta per sub kejuruan berjumlah 16 orang. 7 sub kejuruan diantaranya, kejuruan operator komputer, asisten pembuat pakaian, teknisi telepon seluler, Pengelasan, Pemasangan listrik bangunan sederhana, Finishing teknik oles, Service Sepeda motor injeksi,” tetus Hj Anna lukita, Kadis Nakertrans Bungo.

Ia berharap hendaknya ilmu dan pengalaman yang telah diperoleh selama mengikuti pelatihan ini nantinya dapat diaplikasikan sehingga menjadi lebih bermanfaat.

“Kemudian untuk pembiayaan pelaksanaan kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tahun 2021, dibebankan pada DIPA BBPLK Medan tahun 2021. Dengan metode Pelatihan, Teori, Praktek, Diskusi dan tanya jawab,” tukasnya. (jul)

ADVERTISEMENT