Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Buka Orientasi Pemberdayaan Ekonomi Keluarga

Dibaca: 270 kali
Orientasi Pemberdayaan Ekonomi Keluarga dan Sosialisasi Materi/Foto : sidakpost.id (Ratna)

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Ketua TP-PKK Provinsi Jambi melalui wamil ketua, buka kegiatan orientasi pemberdayaan ekonomi keluarga dan sosialisasi materi media KIE pemberdayaan ekonomi keluarga di Hotel Wiltop, BKKBN Provinsi Jambi, Selasa (15/03/2022).

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari terhitung mulai tanggal 15-17 maret 2022 dan diikuti 65 orang peserta ini, dihadiri oleh Wakil Ketua II TP PKK Provinsi Jambi Hj. Iin Kurniasih Sudirman.

Wakil ketua TP PKK Iin Kurniasih Sudirman mengatakan, pada awalnya organisasi PKK diarahkan untuk mendorong kemajuan kaum perempuan agar bisa menjalankan peran ganda dengan baik.

Kata dia, dengan bergulirnya reformasi dan semangat otonomi daerah PKK berubah menjadi sebuah organisasi yang melibatkan kaum perempuan dan keluarga dalam upaya mewujudkan keluarga sejahtera

“Tujuan utama dari organisasi PKK adalah kesejahteraan keluarga, karena keluarga merupakan unit terkecil yang berpengaruh besar dalam kemajuan pembangunan,” ujarnya

Lanjutnya, BKKBN bersama tim pergerak sudah lama bersinergi dalam upaya pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

“Sinergitas diwujudkan melalui integrasi
Kelompok UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan keluarga dan kelompok) dan UPPKA (Usaha peningkatan pendapatan keluarga Akseptor) yang mayoritas anggota perempuan,” katanya.

Serta peran BKKBN sebagai aktor sentral dalam membangun ketahanan keluarga Indonesia secara utuh harus kembali digemahkan.

“Harapan kami BKKBN dapat menjalankan peran strategisnya untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang sejahtera, lahir, batin dan harmonis,” harapnya.

Sementara, Direktur BKKBN Pusat Ahmad Taufik menyampaikan, salah satu visi untuk meningkatkan kualitas dengan Indeks pembangunan keluarga, bahagia, tentram dan mandiri. Untuk melahirkan generasi berkualitas, anak harus sehat.

“Dapat kami informasikan, sampai bulan februari 2022, berdasarkan data di sistem informasi keluarga (SIGA), ada sebanyak 624 kelompok UPPKA yang berada di 11 kabupaten/kota,” ujarnya.

Kegiatan ini akan ada beberapa pemaparan materi antara lain, materi proyek prioritas nasional pemberdayaan ekonomi keluarga akseptor di kampung KB, oleh Direktur pemberdayaan ekonomi keluarga BKKBN.

Kedua, program dan kegiatan UMKM dalam rangka bangga buatan Indonesia di provinsi Jambi oleh Ketua Rim Penggerak PKK Provinsi Jambi.

Ketiga, akan ada narasumber dari mitra kerja, dari komite ekonomi kreatif provinsi Jambi, dinas koperasi dan UKM Provinsi Jambi, universitas muhammadiyah Jambi, Bank Jambi dan BPD AKU Provinsi Jambi.

“Harapan saya setelah pertemuan ini bapak/ibu semua peserta dapat mengaplikasikan dengan baik,” pungkasnya. (adv/rat)

ADVERTISEMENT