Dinkes Bungo Seleksi Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Kabupaten 2022

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Dinas Kesehatan Bungo menggelar seleksi tenaga kesehatan teladan tingkat Kabupaten tahun 2022, bertempat di Aula Kantor Dinas Selasa (15/2/2022).

Kegiatan itu guna menciptakan Tenaga Kesehatan yang inovator, spirit dan kreatif. Seleksi tenaga kesehatan teladan tersebut diikuti terdiri dari dokter umum, perawat, bidan, tenaga gizi, tenaga kesehatan, dan tenaga kefarmasian.

Kadinkes Bungo dr. Safaruddin Matondang mengatakan Seleksi ini merupakan upaya untuk meningkatkan motivasi dan minat tenaga kesehatan yang bekerja di puskesmas untuk mendapatkan penghargaan sebagai tenaga kesehatan teladan.

” Dan ini merupakan manifestasi ucapan terima kasih dari Pemkab Bungo melalui Dinas Kesehatan kepada para Nakes yang mengikuti seleksi, dan kita harapkan terciptanya tenaga kesehatan yang inovatif serta mempunyai kreatifitas yang bagus dalam bekerja secara langsung dan profesional melayani masyarakat,”ungkapnya.

Dikatakan, tenaga kesehatan yang nantinya terpilih dapat mencetuskan inovasi program yang mempunyai kemampuan penyelesaian terhadap suatu permasalahan. Satu contoh banyaknya kasus pertolongan persalinan ibu melahirkan oleh tenaga kesehatan, termasuk di rumah sakit pemerintah.

” Nantinya tenaga kesehatan teladan dituntut untuk bisa berinovasi untuk membantu menyelesaikan persoalan di tengah-tengah masyarakat dan Bukan hanya melayani di depan meja, akan tetapi mampu turun ke lapangan memberikan manfaat langsung bagi masyarakat” terangnya.

Menurut dia, dari seleksi tenaga kesehatan teladan tersebut ada 9 kriteria peserta yang mengikuti seleksi tenaga kesehatan ini dari berbagai jenis tenaga kesehatan yang akan dinilai dari berbagai unsur tenaga kesehatan profesional.

Selain itu Lanjutnya, ada 9 kriteria yaitu tenaga medis, tenaga paramedis, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga gizi, dan bidan desa, dari seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Bungo.

“Dan untuk tim penilai nantinya terdiri dari berbagai unsur yaitu Pemegang Program, Jabatan Fungsional dan Organisasi Profesi  seperti IDI, IBI, Farmasi, PPNI dan organisasi Profesi lainnya,”tukasnya. (jul)