Diskepora Kota Sungai Penuh Turun ke Sekolah Jaring Calon Paskib

Dibaca: 305 kali

SIDAKPOST.ID, SUNGAI PENUH – Untuk mempersiapkan calon-calon Paskibraka terbaik Kota Sungai Penuh Tahun 2019 Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Sungai Penuh, mulai melakukan pemantauan kesekolah SMA/SMK/MA Sederajat dalam Kota Sungaipenuh.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Kota Sungai Penuh melalui Kabid Kepemudaan Hermantoni mengatakan Dinas Dispora Kota Sungai Penuh sudah melakukan tahapan awal dengan memantau calon-calon Paskibraka diseluruh sekolah yang berjumlah 16 Sekolah, baik Sekolah Negeri maupun Sekolah swasta yang berada di kota sungai penuh akan dipilih mengikuti seleksi dilaksanakan pada bulan April mendatang.

“ Ya, proses pemantauan sudah kita lakukan diseluruh sekolah selama empat hari sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang sudah kita tetapkan sebelumnya,” ujar Toni.

Dijelaskannya lagi, tahun ini kita sangat berterima kasih kepada pihak sekolah dan senior Paskibraka yang telah melaksanakan kegiatan ekstrakular dengan rutin melakukan latihan binaan bagi calon – calon paskibraka di sekolah.

Hal ini sangat positif sehingga sangat membantu dalam proses seleksi paskibraka yang terbaik yang akan kita jaring.

“Kita sangat mengapresiasi senior-senior Paskibraka disekolah yang telah melaaksanakan latihan Paskibraka Binaan (Pasbin) di sekolah. Kedepan diharapkan kegiatan ini terus ditingkatkan dan dipertahankan,” ujarnya.

Penyeleksiaan calon paskibraka Kota Sungai Penuh tahun 2019 mengacu aturaan undang-undang nomor 0065 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) serta ketentuan Dinas Pemuda dan olahraga Provinsi Jambi untuk Kota Sungaipenuh.

“Salah satu syarat yang diutaamakan tinggi minimal untuk Perempuan 160 cm dan maksimal 175 cm sedangkan untuk Pria Minimal 170 cm sampai 180 cm sehat jasmani rohani dan memiliki prestasi akademik yang baik,”katanya.

Kabid Kepemudan Kota Sungai Penuh Hermantoni juga menjelaskan dalam proses seleksi nantinya Dispora Kota Sungaaipenuh akan dilaksanakan terbuka dengan melibatkan tim Seleksi yang terdiri dari TNI, Polri,Dispora, Dinas Kesehatan dan Purna Paskibaka.

“Dengan kita melibatkan tim Seleksi, diharapkan calon-calon paskibraka terpilih memang mereka yang potensial yang sesuai kriteria yang sudah kita tetapkan,” tutur Kabid yang juga bertatus sebaagai mantan anggota Paskibraka Kabupaten Kerinci tahun 1994 kemaren. (Iy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT