Bupati dan Wakil Bupati Tanjabbar Hadiri Haul Syekh Muhammad Ali

Dibaca: 168 kali

SIDAKPOST.ID, TANJAB BARAT –  Antusias masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat berdatangan memenuhi halaman Pondok Pesantren Al Baqiatush Shalihat Kuala Tungkal, Tanjab Barat dalam rangka memperingati Haul Syekh Muhammad Ali bin Syekh Abdul Wahab Ke -11, Sabtu (15/01/2022).

Haul tersebut dihadiri oleh Bupati Tanjab Barat, Anwar Sadat berama Wakil Bupati Tanjab Barat Hairan.

Selain itu, turut dihadiri oleh Asisten II Provinsi Jambi, Ketua TP-PKK Tanjab Barat, Hj Fadillah Sadat, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Sekda Tanjab Barat, Ketua MUI Tanjab Barat, Sadat, para kepala OPD, unsur forkopimda dan sejumlah guru pondok pesantren serta tamu undangan lainnya.

Acara berjalan dengan lancar, Kegiatan Haul ini, diisi dengan dzikir dan tahlil serta tausiyah agama oleh Habib Abu bakar bin Ali Baaqil, LC serta Pembacaan Manaqib Syekh Muhammad Ali Bin Syekh Abdul Wahab oleh KH Abdul Hakim.

Dalam Sambutannya, Bupati Tanjab Barat, Anwar Sadat menyampaikan peringatan Haul Syekh Muhammad Ali Bin Syekh Abdul Wahab sudah hampir tiga tahun tidak digelar, karena pandemi Covid-19, namun ia bersyukur di tahun ini bisa kembali digelar.

“Alhamdulillah di tahun ini bisa kembali digelar, tentunya dengan penerapan prokes yang ketat,” ucapnya.

Dikatakan, Haul Syekh Muhammad Ali Bin Syekh Abdul Wahab digelar untuk mengenang napak tilas sejarah perjuangan ayahanda yang sudah menjadi agenda rutin tahunan oleh alumni Ponpes Al-Baqiyatush Shalihat dan jamaah Toriqoh Wa Naqsyabandiyah Tanjabbarat, Sekaligus ajang silaturahmi seluruh Alumi Ponpes Al-Baqiyatush Shalihat dan tarekat se-Tanjab Barat.

“Haul ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi para alim ulama, para habib, pemkab, serta kaum muslim, alumni, khususnya yang ada di Kabupaten Tanjab Barat,” ujarnya.

Lanjutnya, KH muhamad Ali A Wahab merupakan pendiri Ponpes Al-Baqiyattus shalihat, beliau membangun pesantren dengan perjuangan yang sangatlah berat karena saat itu di Tanjab Barat infrastruktur jalannya sangat sulit.

Kemudian Asy Syekh Kiai H Muhammad Ali bin Syekh H Abdul Wahab bin Asy Syekh H Ismail atau lebih dikenal dengan nama Ayah dikalangan para guru/ustaz dan santri merupakan ulama besar yang tidak hanya terkenal di Kuala Tungkal, namun hingga ke seluruh pelosok tanah air dan negara tetangga.

“Beliau tidak hanya Muasis Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat yang kini menampung ribuan santri, tetapi juga Mursyid (Pendiri) dibalik berdirinya Jam’iyyah Toriqoh Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah wilayah Sumatera,” katanya.

Syeikh Muhammad Ali juga merupakan ulama yang sabar dan istiqamah, tak pernah mengenal lelah dalam menyebarkan ajaran Islam ahlussunnah wal jama’ah kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Tanjab Barat.

Sementara itu, seorang alumni santri ponpes Al-Baqiyatusshalihat, M.Fadli (25) mengatakan, antusias mengikuti haul ini selain untuk berkumpul dan mengharapkan keberkahan, juga bisa berkumpul bersama teman yang pernah berlajar di Pondok.

“Berharap supaya mendapatkan keberkahan, dengan haul ini, serta bisa kumpul-kumpul dengan kawan satu angkatan sewaktu masih belajar di pondok. Semoga senantiasa diberi kesehatan supaya bertemu di haul yang akan datang,” pungkasnya.

Pada kegiatan haul juga dilaksanakan penyerahan syahadah para penghafal Al-Qur’an kepada santri dan santriwati Al-Baqiyatush Shalihat sekaligus penyerahan mahkota kepada santriwati oleh Ketua TP PKK Hj Fadhilah Sadat. (adv/str)

ADVERTISEMENT