Hadir di Bungo, YBKB Banyak Manfaat Untuk Masyarakat Bungo

Dibaca: 328 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) telah hadir di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Sebuah organisasi yang diinisiasi para pemuda yang memiliki kepedulian sosial dan tujuan untuk menggali, membina dan mengembangkan potensi masyarakat dalam berbagai bidang.

Dengan membawa Visi, menjadi Yayasan Sosial yang dinamis dan secara aktif turut serta dalam menghasilkan generasi yang cerdas, mandiri dan berakhlak mulia”.

Serta Misi, menggali, membina dan mengembangkan potensi masyarakat dalam berbagai bidang untuk mempunyai sikap bertanggung jawab terhadap keluarga, lingkungan, agama, bangsa dan negara.

Putra Aditya Hidayat, SH, ketua umum YBKB pusat mejelaskan bahwa Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa didirikan pada tanggal 16 Juli 2007 dengan sebuah Misi untuk bisa membina masyarakat, khususnya anak muda untuk bisa mandiri dan memiliki wawasan bertanggung jawab terhadap keluarga, lingkungan, agama, bangsa dan negara.

Kegiatan YBKB diawali dengan kegiatan-kegiatan dibidang sosial seperti cepat tanggap bencana, santunan anak yatim-piatu, dan donor darah.

Dalam prosesnya, pada tahun 2012 .YBKB mengembangkan program-programnya dengan membentuk komunitas Goodlife pada 4 Maret 2012, yaitu sebuah komunitas sosial yang bertujuan mewujudkan generasi muda yang menerapkan kehidupan yang baik dalam masyarakat secara luas.

Lalu pada tahun 2013, para relawan YBKB menginisiasi sebuah gerakan peduli pendidikan khususnya untuk anak-anak yatim-piatu, dhuafa dan marjinal bernama “Rumah Belajar Kita”, sebuah gerakan pendidikan yang bertujuan membentuk karakter positif untuk anak bangsa dengan mengembangkan kreatifitas, sains dan kewirausahaan.

Dan program anak didik, yaitu program santunan dana pendidikan kepada anak sekolah yang membutuhkan bantuan dari anak yatim-piatu maupun dhuafa. Pada tahun 2014, YBKB membentuk sebuah komunitas.

” Majelis Dzikir Istighosah Al Balad”, yang bertujuan mempererat ukhuwah islamiyah dan menciptakan kehidupan islami dalam masyarakat.

Serta membentuk sebuah komunitas Taaruf yang bertujuan menciptakan keluarga sakinah, mawaddah dan warohmah dalam masyarakat dengan nama Komunitas Taaruf Membangun Umat atau disingkat KTMU.

Kegiatan YBKB tahunan pada gerakan sosial, meliputi bakti sosial pada momen-momen tahunan seperti peringatan Hari Pendidikan, Hari Kemerdekaan, Tahun Baru Islam, Ramadhan serta hari lain yang tidak dapat diprediksi seperti tanggap darurat bencana alam.

“Kedepan YBKB sedang mempersiapkan pembangunan sarana pendidikan untuk anak-anak kurang memiliki kemampuan untuk membiayai pendidikan. Selain di Jambi, hendaknya kedepan juga ada cabang disetiap Provinsi di Sumatera, saat ini YBKB sudah memiliki 4 Cabang, yakni di Jakarta, Banjar Baru Kalimantan, Jogjakarta dan Jambi (Bungo),” cetusnya.

Selain itu, Nazia Ibrahim, ketua YBKB Cabang Jambi, dibawah binaan ustad H. Muhammad Hafizh El Yusufi, S.Pd.I, berharap adanya sinergisitas dari semua pihak dalam pengembangan dan pengelolaan YBKB kedepan.

“Kami harap adanya sinergi dari semua elemen masyarakat untuk menjadi bagian dari YBKB. Terutama support dari masyarakat dan pemerintah,” harapnya.

Swmentara itu Bupati Bungo H. Mashuri, diwakili oleh Asisten II Ir. Saiful Azhar saat meresmikan kantor Cabang YBKB mengucapkan terimakasih kepada pihak YBKB yang berkenan membuka cabang Jambi dan di pusatkan di Kabupaten Bungo.

“Saat ini kita lihat generasi sudah mulai krisis moral, maka kita semua berkewajiban mengajar dan mendidik anak sedini mungkin,” ucapnya

Disamping itu, Pemerintah Kabupaten Bungo mengapresiasi hadirnya YBKB di Jambi, khususnya di Kabupaten Bungo.

“Melalui YBKB, mari kita sisihkan sedikit rizki kita untuk umat (donatur), karna Yayasan ini mengelola dana dari umat untuk umat.” ajaknya. (jul)

ADVERTISEMENT