Wah.!! Hewan Tapir Muncul Diselokan Rumah Warga Tebo

Dibaca: 1.551 kali

SIDAKPOST.ID,TEBO – Masyarakat Desa Mengupeh Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo, Jambi, dihebohkan adanya penemuan seekor hewan Tapir Asia (Tapirus Indicus) yang terperangkap dalam lobang selokan dibelakang rumah warga bernama Yusuf, Selasa (12/13/2017) sekira pukul 08.00 Wib.

Informasi dari warga terkait penemuan seekor Tapir Asia itu, Bhabinkamtibmas Polsek Tengah Ilir Brigpol Rifelino langsung menuju lokasi dan bersama warga mengamankan seekor hewan langka dilindungi yang terperangkap di lobang.

“Sesampai dilokasi kita bersama warga langsung memeriksa dan mengamankan hewan Tapir Asia tersebut. Karena hewan tersebut merupakan satwa yang dilindungi,” kata Brigpol Rifelino.

Kapolsek Tengah Ilir Iptu Ibrahim dikonfirmasi membenarkan adanya warga menemukan seekor Satwa dilindungi yakni hewan Tapir Asia, diselokan dibelakang rumah warga.

“Kita langsung melakukan koordinasi dengan pihak BKSDA Jambi, selanjutnya TIM BKSDA langsung turun melakukan pengecekkan ke lokasi penemuan hewan Tapir di Desa Mengupeh Tengah Ilir,” tutup Kapolsek.

Satwa dari ordo Perrisodactyla (hewan berkuku ganjil) ini mempunyai ciri khas berupa “pelana” berwarna terang dari bahu hingga pantat. Bulu-bulu di bagian lain tubuhnya berwarna hitam kecuali ujung telinganya yang berwarna putih seperti jenis tapir lain.

Pola warna ini berguna untuk kamuflase sehingga binatang lain mengiranya sebagai batu besar dan bukannya mangsa saat tapir ini berbaring atau tidur. (asa)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT