Terkait Kualitas Jalan di Tiyuh, Rekanan Siap Memperbaiki

Dibaca: 348 kali

SIDAKPOST.ID, TUBABA – Peningkatan jalan Lapen yang berada ditiyuh Gedung Ratu Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat dikeluhkan warga.Pasalnya, belum juga seumur jagung pengerjaan proyek peningkatan jalan lapen tersebut sudah rusak.

Ketua Lembaga Pemantau Pembangunan Indonesia (LP2I) Amrinsyah saat melakukan investigasi menjelaskan bahwa kualitas pengerjaan peningkatan jalan lapen tersebut patut dipertanyakan.

“Pekerjaan jalan lapen ini baru selesai dikerjakan beberapa minggu yang lalu bisa kita lihat sendiri batunya sudah bertaburan dibeberapa titik,” ungkapnya, Rabu (13/12/2017).

Ia menghimbau kepada Dinas PUPR kabupaten tubaba agar Benar-benar memperketat pengawasan diseluruh pekerjaan salah satunya yang berada ditiyuh gedung ratu tersebut.

“Pekerjaan yang baik memiliki hasil yang maksimal kualitasnya agar manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Dan juga perketat pengawasan oleh Dinas PUPR tubaba beserta konsultan. Terkadang mereka hanya diam dan membiarkan proyek itu dikerjakan oleh rekanan dengan asal-asalan, ” ucapnya.

Selain itu lanjutnya, keterbukaan informasi itu sangat penting dengan memasang papan plang proyek agar masyarakat tahu. “Berdasarkan , kepres no 80 th 2003. Tentang pedoman pengadaan barang dan jasa di wajib kan memasang plang atau papan nama proyek,” kata dia.

Hal senada juga di amini oleh masyarakat Tiyuh Gedung Ratu yang melintasi peningkatan jalan lapen tersebut.”kami terima kasih kepada pemerintah daerah kabupaten tulang bawang barat dengan adanya pembangunan ditiyuh kami, tetapi disamping itu kami minta kepada rekanan agar dapat memperbaikinya kembali jalan lapen tersebut yang sudah rusak apalagi ini baru sebulan dirasakan masyarakat,” harapnya.

Menyikapi keluhan masyarakat atas kualitas pekerjaan jalan lapen tersebut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dinas Pekerjaan umum dan penata Ruang Kabupaten tubaba menegaskan kepada rekanan untuk memperbaiki kembali jalan yang sudah rusak tersebut.

“Saya sudah berkoordinasi dengan pihak rekanan agar untuk memperbaikinya kembali dan alhasil rekanan siap untuk memperbaiki apalagi itu juga baru selesai dan masih ada masa pemeliharaan kalau rusak pasti diperbaiki rekanan,”Ungkap Sadarsyah.

Sementara pemilik pekerjaan(Rekanan) saat dihubungi melalui via cellulernya menyatakan siap memperbaiki jalan lapen tersebut yang dianggap masyarakat sudah rusak.

“Saya siap memperbaikinya karena itu bagian dari tanggung jawab saya selaku rekanan apalagi itu masa pemeliharaan karena itu kampung saya juga dan saya rasa pekerjaan itu sudah dikerjakan semaksimal mungkin. Maklum manusia biasa apalagi itu hanya sedikit yang rusak.yang pasti saya selaku rekanan siap untuk memperbaikinya, “Pungkasnya.

Pantauan sidakpost.id, diketahui  pekerjaan peningkatan jalan simpang gedung ratu lama s.d gedung ratu baru tersebut dikerjakan oleh CV. Rahmad Jaya Abadi dengan nilai Rp.1.242.519.000 dengan nomor kontrak: 600/P-28/Kontrak /PU/tubaba/X/2017. (her)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT