UPTD Puskesmas Muara Bungo I, Gelar Penyuluhan Seputar Diabetes

Dibaca: 298 kali
Tampak dr.Nurlaila Oktora sedang menyampaikan penyuluhan tentang diabetes di aula Makodim 0416/Bungo Tebo

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Muara Bungo I, menggelar penyuluhan edukasi kesehatan yang diberikan, seputar tanda dan deteksi dini penyakit diabetes.

“Kami berikan penyuluhan agar masyarakat dapat mengetahui gejala diabetes dalam dirinya,” tutur Kepala UPTD Puskesmas Muara Bungo I Suyanto, Minggu (14/11/2021).

BACA JUGA : UPTD Puskesmas Muko-Muko Bathin VII, Terus Maksimalkan Vaksinasi Ibu Hamil

Menurut Suyanto, penyuluhan dilakukan oleh tenaga kesehatan Puskesmas yang disampaikan oleh, dr.Nurlaila Oktora.

Untuk pelaksanaannya dilakukan langsung untuk masyarakat yang sedang menunggu pelayanan vaksinasi dari tim Vaksin Mobile Kodim 0416/Bungo Tebo.

BACA JUGA : Nah.! Ketua RT dan Imam Masjid Telibat Sindikat Pencurian Buku Nikah di Bungo

“Jadi selain giat vaksinasi kita sekaligus memberikan penyuluhan diabetes atau deteksi dini, agar peserta penyuluhan mengetahui apa tanda-tanda gejala penyakit diabetes,”katanya.

Sementara dr.Nurlaila Oktora dalam paparan menyebutkan, masyarakat harus waspada jika mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil, rasa haus berlebihan, serta penurunan berat badan bila itu dirasakan segera ke puskesmas.

BACA JUGA : Ajak Bumil Ikut Vaksinasi, Puskesmas Babeko Gelar Sosialisasi

Kemudian, kelaparan, kulit bermasalah, penyembuhan lambat, keletihan, dan mudah tersinggung segera konsultasi dengan dokter.

“Juga mengalami pandangan yang kabur dan kesemutan harus segera melakukan pengecekan gula darah, bila tanda-tanda itu dirasakan segeralah berkonsultasi ke Puskesmas terdekat,” tandasnya. (zek)

ADVERTISEMENT