Pelaku Karhutla, Dipenjara 15 Tahun dan Denda 5 Milyar

Dibaca: 217 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Sosialisasi antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan penanggulangan bencana daerah, Acara dibuka oleh Sekda Tebo Drs Teguh Arhadi.MM mewakili Bupati Tebo. Bertempat di Aula Melati Sekretariat Daerah Kabupaten Tebo, Kamis (14/11/2019).

Hadir pada sosialisasi ini Sekda Kabupaten Tebo Drs Teguh Arhadi. MM, Kepala BPBD Kabupsten Tebo Drs.Hari Sugiarto, Kasat Binmas Polres Tebo Iptu Agung Purwanto, Ipda Muslim, Aipda. Ramliani, Bripka MH Siagian, Danramil Muara Tebo Kapten Inf Zulkarnaini, Para Kepala OPD Tebo, Para Camat, Para Lurah, Para Ksdes,Tomas, Todat, Toga, dan Toda.

Para nara sumber yakni dari Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Ketua BPBD Provinsi Jambi dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tebo, menyampaikan materi sosialisasi Karhutla sesuai Tupoksinya.

Sekda Tebo Drs Teguh Arhadi. MM dalam sambutannya mengatakan, pihaknya berharap kepada peserta sosialisasi Karhutla supaya menyebarluaskan informasi kepada masyarakat dan menjadi pelopor pencegahan kebakaran hutan dan lahan diwilayahnya masing – masing.

“Kepada masyarakat Kabupaten Tebo kita ingatkan jangan membuka lahan untuk pertanian atau perkebunan dengan cara membakar, pelaku Karhutkla ditindak secara hukum dan dipidanakan, “ungkap Sekda Tebo.

Kasat Binmas Polres Tebo Iptu Agung Purwanto dikonfirmasi mengatakan, pihaknya membenarkan digelarnya sosialisasi karhutla yang dimotori oleh Dinas Instansi terkait.

Diharapkan kepada seluruh peserta sosialisasi dapat menyampaikan kepada masyarakatnya agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena asap dari pembakaran lahan menjadi polusi udara yang berdampak buruk bagi kesehatan.

“Pelaku karhutla dalam Pasal 78 Ayat 3 UU RI Nomor 41 tahun 1999 Tentang Kehutanan, dengan ancaman pidana penjara maksimal 15 tahun dan denda Rp 5 miliar rupiah,” pungkas Kasat Binmas Polres Tebo. (asa)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT