Pemdes Sungai Abang Tabur 20 Ribu Bibit Ikan di Tebat Koto Jayo

Dibaca: 349 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Kepala Desa (Kades) Sungai Abang Kecamatan Vll Koto, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, yang diwakili oleh Kasi Kesra, Gunawan Afriato melepas Ribuan bibit ikan Gurami dan Ikan Baung di Tebat Koto Jayo.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Tebo, Ketua BPD, Ketua Karang Taruna,Ketua LPM, Kasi Kesra dan Masyarakat Sungai Abang serta tamu undangan lainnya.

Kades Sungai Abang M. Zoulpan saat dikonfirmasi mengatakan bahwa Pelepasan Ribuan bibit ikan itu dalam rangka melestarikan Tebat Koto jayo menjadi Taman Wisata bagi desa setempat.

“Tebat Koto Jayo sudah kita serahkan ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang mengelolanya,” ujar Kades Sungai Abang, M. Zoulpan yang mengaku sedang melaksanakan tugas yang tidak bisa ditinggalkan di Muara Tebo.

Lanjutnya, ribuan bibit ikan ini adalah bantuan dari dinas perikanan kabupaten Tebo. “Kita ajukan proposal untuk bantuan bibit ikan pada bulan Februari lalu. Alhamdulillah permohonan kita itu dikabulkan oleh dinas perikaan Kabupaten Tebo,” timpalnya.

Untuk jenis ikan yang dilepaskan itu Kades merincikan, yakni ikan Gurami dan Ikan Baung dengan jumlah yang mencapai 20 ribu ekor. “Nanti apabila ikan ini sudah besar, akan kita jadikan tempat pemancingan bersama untuk masyarakat kita,” tuturnya lagi.

Maka dari itu, dia menghimbau kepada masyarakat untuk berperanserta dalam menjaga ekosistem di Tebat Koto Jayo dengan tidak mengambil ikan sembarangan. “Jangan baru dilepas seminggu masyarakat sudah ramai-ramai menangkap ikan secara besar-besaran disana,” ingat Kades.

“Mari sama-sama kita jaga dan ini nantinya juga bermanfaat bagi anak cucu kita hingga puluhan tahun kedepan. Kalau bukan masyarakat disekitar tebat ini, siapa lagi yang akan menjaganya,” himbau M. Zoulpan.

Sementara Ketua BPD Sungai Abang, Rizal Fahlevi mengapresiasi kegiatan penaburan benih ikan di Tebat Koto Jayo ini.

“Saya selaku BPD Desa Sungai Abang mendukung penuh kegiatan pemerintah desa dalam melestarikan Tebat Koto Jayo agar kedepannya Tebat ini menjadi Taman Wisata bagi Masyarakat,” tuturnya. (nwr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT