Hore..Formasi CPNS 2018, Akan Dibuka Besar-besaran di Daerah

Dibaca: 1.440 kali
fhoto/Ilustrasi.

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Kabar gembira bagi peminat CPNS. Pasalnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Rwformasi Birograsi (Menpan-RB), akan membuka kembali formasi CPNS untuk setiap Kabupaten/Kota yang ada di seluruh Indonesia.

“Ditahun 2018 nanti kita buka, untuk formasi CPNS di daerah, per Kabupaten dan Provinsi,” kata Menpan-RB, Asman Abnur dikutip dari¬†Antara, Senin (13/11/2017) kemarin.

Sebut, Menpan-RB penerimaan CPNS akan disesuaikan dengan usulan setiap Bupati dan Gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang dibutuhkan di setiap daerah.

Asman, juga berharap Pemda dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) benar-benar mengkaji kebutuhan pegawainya dengan baik sebelum mengusulkan formasi yang dibutuhkan.

Sementara terkait jumlah CPNS yang akan diterima, Asman mengatakan sedang memperhitungkan jumlah penerimaan yang sesuai dengan kemampuan keuangan negara.

“Termasuk salah satu syarat, pemerintah daerah belanja pegawainya tidak boleh lebih dari 50 persen,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang Pengangkatan dan Pemberhentian Pegawai, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bungo, Ade Yusuf Abidin saat dikonfirmasi sidakpost.id, mengaku belum mendapatkan surat resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Hingga kini kami belum menerima informasi resmi tentang penerimaan CPNS daerah dari Kemenpan-RB, tetapi kami tetap melakukan pendataan kebutuhan pegawai di lingkup Pemda Bungo,” bebernya.

Lanjutnya, PNS di Bungo setiap tahun terus berkurang karena sudah masuk masa pensiun. Setidaknya ada sekitar 150-an PNS berkurang setiap tahun dikarenakan pensiun.

“Untuk belanja pegawai sendiri setahu saya, Kabupaten Bungo masih dibawah 50 persen,” kata Ade Yusuf.

Bahkan kata dia, pihaknya tahun lalu sudah mengusulkan kebutuhan pegawai di Pemda Bungo ke Kemenpan- RB.

“Ada sekitar 300 formasi kita usulkan, dimana 50 persen untuk tenaga pendidikan, 40 persen untuk tenaga kesehatan, dan 10 persen untuk umum,” ungkapnya.

Besar harapan kata dia, Kabupaten Bungo mendapatkan kuota penerimaan CPNS untuk memenuhi kebutuhan pegawai di setiap OPD sehingga pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Bungo menjadi lebih baik.

” Ya semogga Bungo, mendapat jatah formasi CPNS lebih banyak ditahun depan, sehingga semua formasi yang kosong bisa dipenuhi,” tukasnya. (zek)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT