Jumlah Maru Terus Meningkat, IAI Yasni Muara Bungo Makin Diminati

Dibaca: 711 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Meski di tengah pandemi Covid-19 yang masih merebak ini, jumlah mahasiswa baru yang masuk ke perguruan tinggi IAI Yasni Muara Bungo terus meningkat. Jumlah ini tertinggi dibandingkan dengan jumlah penerimaan sebelumnya.

Dari data yang di peroleh, jumlah Maru di Institut berkarakter islami tersebut meningkat 15 % ditahun 2021 yakni mencapai 413 orang dibandingkan tahun 2020 lalu 380 orang.

“Alhamdulillah tahun ini jumlah maru kita mencapai 413 orang, jumlah ini naik 15% dari tahun 2020 lalu, ” ujar Dr.Sungkowo, S.Ag.,M.Pd.I. Selaku Wakil Ketua Rektor III saat dijumpai diruang kerjanya, Senin (11/09).

Sebut Sungkowo, pencapaian ini tentu tidak terlepas atas Strategi promosi yang dilakukan, tidak hanya dilingkup Bungo-Tebo saja, tetapi juga mencakup di kabupaten Dharmasraya, Sarolangun dan kabupaten tetangga lainnya.

“Dari 413 Maru tersebut ada yang dari Propinsi Sumatra Barat, Sarolangun dan kabupaten lainnya, sementara jurusan yang paling banyak diminati PGMI dan PAI. Ini sudah terbukti peluang guru cukup besar apalagi saat pembukaan CPNS dua tahun terakhir ini,” terangnya.

Sementara ditengah masa pandemi, pelaksanaan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan ( PBAK) IAI Yasni Muara Bungo tetap dilakukan secara luring atau tatap muka, akan tetapi tetap mematuhi prokes yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

” PBAK saat ini tengah berlangsung, dibuka sejak tanggal 11 kemarin hingga 18 september 2021, dan saat ini sedang berlangsung dengan sistim pembagian 7 shift dengan mematuhi protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan covid 19,” jelasnya.

Sungkowo menambahkan PBAK ini merupakan pengenalan kehidupan kampus dan langkah awal bagi mahasiswa untuk berubah. Baik itu cara bekerja, berpikir dan menjalankan kegiatan lainnya.

“Cara belajar saat sekolah dengan mahasiswa itu berbeda, intinya saat kuliah dituntut suatu kemandirian. Jangan sia-siakan kesempatan belajar lebih baik, itu harus jadi perioritas utama,” tutupnya. (jul)

ADVERTISEMENT