Ratusan UMKM Ikuti Webinar Literasi Digital di Bungo

Dibaca: 233 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Transpormasi digital yang begitu masif saat ini juga di rasakan oleh pelaku UMKM saat ini. Apalagi dalam kondisi Pandemi, transpormasi tersebut makin cepat hingga ke daerah.

Tanpa disadari memang dunia digital telah membuat bisnis jadi makin mudah dan murah. Seperti yang disampaikan oleh empat narasumber Webinar Literasi Digital Kementerian Kominfo RI di Kabupaten Bungo, Kamis 12 Agustus 2021.

Webinar yang juga dalam rangka hari UMKM Nasional ini mengangkat tema “DIGITALISASI UMKM, BANGKIT MENJEMPUT CUAN”.

Narasumber pertama yakni Dian Natale, yang merupakan seorang Strategic Brand Identity dan Founder TokozioDesign.com. Pemateri kedua yakni Fadli Afriadi SP, MM seorang Pembelajar, Trainer , Konsultan dan Entrepreneur. Keduanya merupakan pemateri nasional.

Pemateri ketiga yakni Yudhi Novriansyah, S.Sos., M.Si, Dosen Universitas Muara Bungo dan Prabowo Aji Suseno, Founder & Owner Smart Clean Indonesia. Dengan dimoderatori Lovenia Viona Gultom serta Key Opinion Leader Mega Novelia, Mompreneur, owner kelas main @rumahmandar @mimema_kids @kanayo_lauk.

Dalam kesempatan tersebut, pemateri pertama menyampaikan. Pentingnya di dalam bisnis bagaimana mengeksekusi sebuah ide untuk segera dimulai. Terkadang banyak sekali perencanaan tapi takut untuk memulai. Dan menurutnya, pelaku UMKM saat ini meski memiliki kecakapan digital, karena pergeseran perilaku konsumen yang berpindah ke media digital.

Sementara pemateri ketiga, Yudi Novriansyah mengatakan. Perkembangan digital dalam bisnis online dapat mempermudah UMKM lokal dalam menjual produk, namun demikian, etika digital tentu harus dimiliki di dalam penggunaan media digital maupun komunikasi dengan konsumen.

Ditambahkan oleh pemateri keempat. Budaya digital makin cepat terjadi di saat Pandemi ini. Terlihat dari jumlah transaksi masyarakat di marketplace yang setiap harinya sampai pulahan juta orang hanya di satu marketplace. Itu berarti selain peluang, ada tantangan bagi pelaku UMKM, terutama di daerah untuk masuk ke pasar nasional maupun global dengan tentunya kompetisi yang ketat.

Webinar kali ini tampak begitu interaktif antara peserta dan pemateri, selain peserta yang bertahan hingga akhir. Puluhan pertanyaan juga masuk ke Pemateri.

Webinar Literasi Digital Kabupaten Bungo akan kembali di gelar pada 19 Agustus 2021, dengan tema “Bangkit dari Pandemi Dengan Literasi Digital”.

Reporter : Zakaria

ADVERTISEMENT