Wabup Tebo : Swasti Saba Wiwerda Motivasi Masyarakat Sehat

Dibaca: 147 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Wakil Bupati Tebo Syahlan, SH menyambut secara resmi Tim Penilai Verifikasi Kabupaten Kota Sehat Tingkat Nasional yang terdiri dari Perwakilan Kementerian Kesehatan, Kementrian  Dalam Negri, dan Tim Pembina Kabupaten Kota Sehat Provinsi. bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Tebo, Selasa ( 13/08/2019 ) kemarin

Kabupaten Tebo berkesempatan untuk mengikuti Kabupaten Kota Sehat yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali, menurut Tim Verifikasi Lapangan Kementerian Kesehatan, Suzanna, SKM, M.Si acara ini didasari oleh Peraturan Bersama antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negri.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan kondisi Kabupaten Kota bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk dihuni dan tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program kesehatan dan sektor lain. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan perekonomian masyarakat luas,” kata Suzanna.

Wakil Bupati Tebo Syahlan.SH mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Tebo merasa bangga sekaligus bahagia, semuanya menyadari tidak mudah untuk lolos dalam verifikasi dokumen kabupaten kota sehat Se- Indonesia.

Pada tahun 2017 Kabupaten Tebo sudah mendapatkan Swasti Saba Padapa yang mana merupakan tingkat pemantapan dari tiga tingkat penghargaan Swasti Saba  atau kota sehat.

Tingkatan Kota Sehat atau Swasti Saba dikategorikan dalam Swasti Saba Padapa ( Pemantapan ), Swasti Saba Wiwerda ( Pembinaan ), Kemudian Swasti Saba  Wistara ( Pengembangan ).

Tahun ini Tebo mengusulkan dokumen untuk meraih Swatisaba Wiwerda. ” 2019 ini kami berharap untuk naik satu tingkat menjadi Swatisaba Wiwerda yang nantinya akan mampu memotivasi masyarakat kami untuk mewujudkan Tebo yang sehat di masa yang akan datang, ” tandas Wakil Bupati.

Sudirman,SE Ketua Forum Kabupaten Tebo Sehat menjelaskan mengenai Strategi dan Implementasi Menuju Swasti Saba Wiwerda, kegiatan Verifikasi Lapangan yang dilakukan oleh Tim Verifikasi Kabupaten Kota Sehat Tingkat Nasional diawali di SDN 149/ VIII Muara Tebo.

“Kemudian berlanjut di Taman Tanggo Rajo, kunjungan Ke Sekretariat Forum Kabupaten Tebo Sehat, Tempat Pemrosesan Akhir Dan Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja ( TPA & IPLT ) Ladang Panjang, Kantor Desa Sidorejo, Desa Tegal Arum, Puskesmas Rimbo Bujang, Pasar Sarinah Unit II,  dan berakhir di Kantor Kecamatan Rimbo Bujang. Terang Subirman.

Turut mendampingi Wakil Bupati dan Tim Verifikasi Kaban Bappelitbangda, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Dinkes, Kadis PUPR, Forum Kabupaten Tebo Sehat, Kabag Kesramas, Kabag Humas, Dinas Satpol-PP, Perwakilan TP- PKK beserta rombongan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Dan Ketahanan Pangan, Dinas Perkim, Dinas PMD dan Dinas Perindagnaker Kabupaten Tebo. (asa/nwr)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT