BKTM Aipda Dadan, Hiburan Panjat Pinang Takkan Hilang Tergerus Zaman

Dibaca: 151 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Bhabinkamtibmas (BKTM) Polsek Rimbo Ilir Polres Tebo Jambi Aipda Dadan Juanda bersama warga, membuat sarana persiapan perlombaan panjat pinang dalam memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-74.

Batang pinang yang dibersihkan dan dikerok terlebih dahulu dan setelah itu diolesi dengan pelumas atau gemok, puncak batang pinang digantungkan dengan berbagai aneka hadiah dan lanjut batang pinang itu ditegakkan.

Hiburan rakyat tradisional panjat pinang tetap ditampilkan pada setiap perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, Takkan pernah hilang kendatipun dimajan zaman. Panjat pinang secara filosofi digambarkan suatu perjuangan yang sangat berat yang membutuhkan persatuan kebersamaan untuk menggapai kepuncak kejayaan.

BKTM Aipda Dadan Juanda langsung turun tangan bersama warga membuat sarana hiburan panjat pinang yaitu membersihkan Batang Pinang dan diolesi oli atau gemuk untuk pelicin lalu batang pinang ini ditegakkan dan digantungkan bermacam hadiah. Beraneka perlombaan dipusatkan dihalaman parkir pasar Blok C.

“Selain panjat pinang, lomba anak – anak seperti balap lari estapet, mewarnai, lomba ketangkasan dan lain-lain. Untuk ibu- ibu balap kelerengan pake sendok, makan kerupuk, memasukan paku dalam botol hingga kekompakan dalam balap sendak bakiya atau kayu. Sementara untuk Bapak-bapak, ada balap karung, lari meraton dan lainnya,” kata BKTM Aipda Dadan, Rabu (14/8/2019).

Perlombaan ini , imbuh Aipda Dadan’, bertujuan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-74, semangat proklamasi sekaligus menanamkan jiwa nasionalisme pada bangsa dan negara.

“Kita mengapresiasi semangat masyarakat menanamkan jiwa Nasionalisme dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, ” pungkasnya. (asa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT