Bersama Pemda, BPBD Bungo Gelar Apel Siaga Karhutla

Dibaca: 357 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Untuk mengatasi akan terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan Karhutla saat musim kemarau ini, Pemda Bungo, dan BPBD Bungo, menggelar apel siaga Karhutla di halaman kantor bupati.

Apel gabungan siaga Karhutla ini diikuti masing-masing instansi dan stakeholder terkait, yakni TNI, Polri, Satpol PP dan Damkar, BPBD Bungo dan forkompinda.

Dalam sambutannya, Bupati Bungo H Mashuri, mengajak kepada seluruh stakeholder, untuk bersama-sama bahu membahu dalam pencegahan Karhutla di Bungo.

“Dalam antisipasi karhutla di bungo, untuk itu seluruh intansi dan stakeholder terkait sudah semestinya dapat berkoordiansi dan berkolaborasi dalam menanggulangi karhutla,” kata Bupati.

Sebut Mashuri, mari saling membahu dan bekerjasama agar Kabupaten Bungo terhindar dari ancaman bencana asap seperi tahun-tahun sebelumnya,” ujar Bupati.

Kepada seluruh Camat, agar selalu menjaga wilayah masing-masing, sekaligus ikut serta dalam mensosialisasi serta pemahaman akan bahaya karhutla serta cara pencegahannya.

“Mari kita jaga bersama-sama Kabupaten Bungo, agar tidak terjadi lagi karhutla, sehingga tidak ada lagi terjadi bencana asap yang merusak dan mengganggu lingkungan di sekitar kita,” ujarnya.

Sementara, Kaban BPDB dan Kesbangpol Bungo, H Indones saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa Bungo termasuk daerah rawan kejadian karhutla. Agustus ini ada potensi Karhutla sangat tinggi.

“Melalui apel siaga bersama ini, kita semua akan memastikan kesiapan dan kekuatan personil dan peralatan dalam menghadapi musim kemarau nanti. BPBD siap berkolaborasi dengan Satgas Karhutla di Bungo,” ujar Indones.

Untuk diketahui, data dari BMKG bahwa bulan Januari-Juli, ada 11 Kecamatan rawan bencana Karhutla. Di Kecamatan Rimbo Tengah, adalah terbanyak titik hostpot.

Jujuhan Ilir, 1 titik Hostpot, Jujuhan, 1 titik Tanah Sepenggal Lintas 5 titik, Bathin III, 3 titik Rimbo tengah 6 titik, Bathin II Babeko 2 titik. Pelepat Ilir 4 titik, Pelepat 1 titik, Bathin III Ulu 2 titik, Tanah Tumbuh 1 titik, Bathin II pelayang 1 titik hostpot. (jul)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT