BPKAD Muaro Jambi Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Berbasis SIPD

Peserta Bimtek Pengelolaan Keuangan Berbasis SIPD. Foto : sidakpost.id/Nawir. Biro Muaro jambi

SIDAKPOST.ID, MUARO JAMBI –Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muaro Jambi, melaksanakan Bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan keuangan Daerah bagi OPD.

Dimana Aplikasi berbasis Sistim Informasi Pemerintah Daerah  (SIPD) untuk lebih memudahkan segala bentuk keperluan di masing masing OPD di Muaro Jambi ini. Bimtek digelar di Swiss-Bel Hotel Bandung, Jumat  (14/7/2023).

Bintek dibuka langsung oleh Asisten lll Bidang Administrasi Umum Setda Muaro Jambi Junaidi. Dengan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri, yang diikuti seluruh OPD.

Kepala BPKAD Muaro Jambi Alias dalam sambutanya mengatakan, kegiatan Bimtek berbasis SIPD ini harus diikuti peserta dengan serius agar, dalam pengoperasian aplikasi ini dapat dikelola secara baik menjalankan program pemerintah tepat sasaran.

“Saya berharap semua peserta Bimtek pengelolaan keuangan daerah berbasis SIPD hingga selesai, sehingga dapat dipahami agar dalam pengoperasiannya tidak mengalami kendala,” ujar Alias.

Asisten lll Setda Muaro Jambi Junaidi mengatakan, Bimtek untuk memantapkan pengelolaan keuangan berbasis sistim anggaran pemerintah daerah (SIPD) dalam mengelola anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Tahun 2023.

Dimana tenaga administrasi keuangan perlu ditingkatkan sehingga pemerataan pengetahuan dan pemahaman dalam menjalankan sistim administrasi keuangan.

Salah satu unsur yang paling penting dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah adalah sistim atau cara pengelolaan keuangan daerah yang berdaya guna dan berhasil guna.

Dalam pengelolaan keuangan terdapat aturan -aturan yang bila tidak dikuasai dalam aplikasinya akan menimbulkan masalah akan berdampak terhadap permasalahan hukum.

“Saya berharap agar saudara -saudara mengikuti Bintek dengan serius dan penuh rasa tanggung jawab,” pungkas Junaidi. (wir)