Dinkes Tebo Himbau Masyarakat Waspadai Penyakit ISPA

Dibaca: 138 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Musim kemarau diwilayah Kabupaten Tebo berpotensi timbulnya bermacam penyakit yang bisa mrnjangkit dimasyarakat.

Terkait hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tebo selalu mewanti-wanti kepada masyarakat agar tetap mewaspada terhadap penyakit dimusim kemarau seperti sekarang ini.

Pada musim kemarau teriknya mata hari memicu polusi udara, seperti adanya asap dari pembakaran, debu yang berterbangan dapat mengganggu kesehatan manusia seperti terjadinya gangguan saluran pernafasan (ISPA).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo dr.Riyana Elizabet, saat dikonfirmasi mengatakan, kondisi seperti saat sekarang musim kemarau, masyarakat harus waspada terhadap datangnya penyakit Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA) yang dapat menyerang siapa saja.Minggu (14/7/2019).

“Pada musim kemarau penyakit yang rentan menyerang masyarakat pada umumnya batuk, demam, dan ISPA, oleh karenanya diminta masyarakat lebih waspada terhadap serangan penyakit dimusim kemarau cuaca panas deperti sekarang ini,” jelas Kadinkes Tebo dr.Riana Elizabet.

Penyakit ISPA bisa menyerang siapa saja, sambung Kadinkes Tebo, karena saat musim kemarau debu yang beterbangan dhirup pada rongga pernafasan manusia, apa bila debu yang terhirup maka bisa berdampak menimbulkan batuk maupun bersin – bersin, dan terjadilah penyakit ISPA maupun demam panas.

“Istirahat yang cukup, banyak minum air putih, dan apabila bepergian gunakan masker atau penutup mulut dan hidung, agar debu yang beterbangan tidak terhirup, ” kata dr.Riana.

Diketahui, Dinas Kesehatan Kabupsten Tebo sudah instruksikan kepada jajarannya disetiap Puskesmas yang ada diwilayah Tebo, untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang kemungkinan penyakit yang berkembang dan pencegahannya dimusim kemarau. (nwr/asa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT