Bupati Tebo dan Rombongan Panen Raya Padi Sawah di Malako Intan

Dibaca: 270 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Bupati Tebo H Sukandar dan Wabup Syahlan, bersama Dandim 0416/Bungo Tebo, Letkol Inf Arianto Maskare Subagio, Kadis TPHKP Tebo dan BPS, panen raya padi sawah Gapoktan Tunas Muda di Desa Malako Intan, Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo, Senin (14/06/2021).

Bupati Tebo H.Sukandar dalam moment tersebut mengungkapkan, 195 hentare jumlah lahan padi sawah yang dipanen pada hari ini. Dengan seperti ini hasil panen bisa meningkatkan swasembada beras bagi Desa Malako Intan dan juga bisa dijual ke desa lain dalam kecamatan Tebo Ulu.

“Diharapkan agar kelompok tani yang lainnya, mulai dari VII Koto sampai dengan Tebo Ilir, bisa mengikuti melakukan kegiatan seperti di Malako Intan,”harap Sukandar.

Potensi beras sawah di Kabupaten Tebo cukup menjanjikan, sebut Bupati, untuk itu mudah-mudahan bisa menutupi kebutuhan masyarakat daerah ini.

“Untuk menuju potensi swasembada beras diperlukan kerjasama yang baik antara Poktan, Kades, para Camat dan Kepala OPD, didukung bantuan Provinsi dan APBN agar target swasembada beras bisa terealisasi,” kata Sukandar.

Kadis TPHKP Tebo M.Ziadi melaporkan, bahwa lokasi panen bersama seluas 195 hektar berdasarkan ubinan diperoleh produksi rata-rata 6,24 ton per hektar GKP atau 5,36 ton per hektar GKG dan kalau di konversi ke beras menjadi 3,32 ton.

“Setelah panen ini para petani akan segera mengolah lahannya lagi untuk ditanam padi dengan persiapan benih sebanyak 7.200 kg untuk dua musim tanam, benih ini merupakan bantuan kegiatan peningkatan produksi padi APBN Tahun 2021, “tutup Ziadi. (asa/wen)

ADVERTISEMENT