Siaga Khusus Lebaran, Basarnas Kerahkan Ratusan Personil 

Kepala Basarnas Jambi Kornelis Pimpin Apel Kesiapsiagaan Personil dan peralatan dalam siaga mudik lebaran 2023. Foto : sidakpost.id/zakaria

SIDAKPOST.ID, JAMBI –  Siaga khusus idul Fitri 1444 H, akan dilaksanakan Basarnas provinsi Jambi. Pasalnya, ratusan personil akan disiagakan untuk masuknya lebaran.

Hal itu dibuktikan dengan dilaksanakan apel kesiapsiagaan personil dan peralatan menjelang idul Fitri. Apel digelar di kantor Basarnas Jambi yang melibatkan anggota Kwarcab Kota Jambi dan PMI Provinsi Jambi, Jumat (14/04/2023) pagi.

Kepala Basarnas Jambi, Kornelis usai apel mengatakan, antisipasi lonjakan pemudik maka, Basarnas melakukan siaga SAR idul Fitri 1444 Hijriah. Tentu sebelum semua itu dilaksanakan kesiapsiagaan personil dan peralatan harus dipastikan terlebih dahulu.

“Kita sudah siagakan 104 personel yang akan mulai aktif sejak 13 April hingga 3 Mei 2023. Karena tahun ini telah dicabut PPKM maka lonjakan pemudik akan terus bertambah,” ungkap Kornelis.

Kornelis juga menyebutkan, Basarnas juga akan melaksanakan Siaga Mobile di titik yang dianggap rawan seperti jalan nasional tempat wisata, terminal, bandara sekaligus pelabuhan.

Jadi kata Kornelis, siaga khusus lebaran ini benar-benar dimaksimalkan. Tidak cuma siaga personil, juga dipersiapkan alat-alat utama penunjang pengamanan lebaran.

“Seperti RB 310 dan RIB 02 yang berada di perairan Tanjung Jabung Barat, KN 414 di sungai Batanghari Kota Jambi, RIB 01 di Nipah Panjang, Rescue Car, Rescue Truk, peralatan Medis, peralatan Evakuasi, dan Aqua Eyes,” cetus Kornelis. (zek)