Sekda Tanjabbar Virtual Roving Seminar Kekayaan

Dibaca: 113 kali
Sekda ikuti Seminar secara virtual/Foto : sidakpost.id (satria)

SIDAKPOST.ID, KUALA TUNGKAL – Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjab Barat, Ir. H. Agus Sanusi, mengikuti secara virtual roving Seminar Kekayaan Intelektual yang diselenggarakan di Sumatera Utara, Rabu, (13/4/2022).

Kegiatan yang bertemakan “Memacu kreativitas dan Inovasi untuk pemulihan Ekonomi Nasional,” di Ruangan Bupati Tanjab Barat itu, dihadiri empat Menteri Kabinet Indonesia Maju. Yakni Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Plt Dirjen Kekayaan Intelektual Ir. Razilu, menyampaikan Roving Seminar Kekayaan Intelektual adalah salah satu program unggulan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dari 16 program unggulan tahun 2022. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian hari Kekayaan Intelektual sedunia yang jatuh setiap tanggal 26 April.

“Tujuan kegiatan ini guna meningkatkan sinergi, kolaborasi dan koordinasi Kemenkumham dengan para pemangku kepentingan terkait manfaatnya hadirnya sistem kekayaan intelektual untuk mendorong percepatan pembangunan wilayah,” katanya.

Ia juga berharap, kegiatan ini dapat terjalin sinergi, kolaborasi dan dukungan untuk membangun era perekonomian daerah berbasis kekayaan intelektual. “Serta mendorong lahirnya inovasi kreativitas dari UMKM dalam meningkatkan perekonomian dalam negeri,”katanya.

Menteri Hukum dan Ham Prof. Yasonna H. Laoly mengatakan, ekosistem kekayaan intelektual merupakan siklus perputaran ekonomi yang digerakkan oleh inovasi dan kreativitas serta berpengaruh terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi nasional.

“Kemajuan Kekayaan Intelektual ini dapat sejalan dengan Tema G20 Tahun 2022 Recover Together Recover Stronger dan mewujudkan pemulihan ekonomi serta kesehatan dunia yang inklusif,” ujarnya.

Sementara, Sekda Tanjab Barat, H Agus Sanusi, disela-sela mengikuti secara virtual Roving Seminar Kekayaan Intelektual menyampaikan, gelaran Roving Seminar KI bertujuan, meningkatkan pemahaman kepala daerah dan pimpinan perguruan tinggi untuk memanfaatkan sistem kekayaan intelektual dalam mendorong percepatan pembangunan ekonomi wilayah.

“Melalui kegiatan ini dapat menjadi pembuka komunikasi Pemerintah Daerah dalam hal pemanfaatan sistem Kekayaan Intelektual di wilayah, khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat,”katanya.

Selain itu kegiatan juga dirangkai dengan pemberian penghargaan Menkumham kepada 10 pemerintah daerah provinsi di Sumatera dan termasuk penghargaan kepada Provinsi Jambi.

“Ini juga penyerahan sertifikat dan surat pencatatan kekayaan intelektual, layanan konsultasi KI serta pameran produk unggulan daerah dari UMKM binaan dinas Provinsi Sumut dan kota Medan,”tukasnya. (str)

ADVERTISEMENT