Wabup Tebo Minta, Workshop Dapat Mendorong Petani Sawit

Dibaca: 155 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Wabup Tebo Syahlan, SH. Hadiri worshop mendorong pencepatan pemenuha aspek legalitas menuju sertifikasi minyak kelapa sawit, dapat mendorong memajukan Petani Sawit di wilayah Kabupaten Tebo.

Hal tersebut dikatakan Wabup Syahlan
pada saat menghadiri Workshop yang diselenggarakan oleh Yayasan Setara Jambi, bertempat di aula hotel Alya Muara Tebo.

Dihadiri oleh Kasi Pembinaan dan perkebunan berkelanjutan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Pihak RSPO Indonesia, pimpinan dan perwakilan  Fortasbi Indonesia, OPD dan Camat di Lingkup Pemkab Tebo.

Syahlan megapresiasi workshop ini dan menjadi awal memajukan pembangunan perkebunan di Kabupaten Tebo, dengan acara ini diharapkan dapat mendorong softskill masyarakat dalam berkebun sehingga mendorong peningkatan kesejahteraan.

“Saya apresiasi kegiatan ini, ini awal yang bagus untuk mendorong kemajuan dalam berkebun, kita tahu masyarakat tebo mayoritas penghasilannya bersumber dari perkebunan,” katanya.

Dikatakan, harapan sworkshop ini mendorong kemampuan masyarakat Tebo dalam berkebun yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan.

Data BPS Tahun 2018, imbuh Wabup, bahwa Sektor pertanian mendominasi dengan angka distribusi sebesar 49,06 persen, dan meyerap tenaga kerja sebanyak 68,25 persen dari jumlah penduduk usia kerja di Kabupaten Tebo.

“Hal tersebut mengindikasikan lebih dari setengah masyarakat Tebo berusaha di sektor pertanian, khususnya sub sektor perkebunan dengan komoditi utama karet dan sawit,” katanya.

Mari optimalkan potensi komoditi perkebunan baik dari segi produksi, produktifitas maupun kualitas mutu produknya.

“Dalam melakukan optimalisasi potensi kita harus tetap meminimalisasi dampak yang timbul dengan mengedepankan prinsif pembangunan berkelanjutan,” ujar Wabup.

Lanjut Wabup, ia erharap dengan adanya workshop ini dapat mewujudkan dan mendorong para petani khususnya yang bergerak di perkebunan kelapa sawit.

“Diharapkan dapat memenuhi kriteria pembangunan kelapa sawit berkelanjutan dari semua aspek usaha kebunnya yang pada gilirannya bermuara kepada kesejahteraan petani, ” tutup Wabup. (asa)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT