Dukung Proses Ujian saat Pandemi, SMPN 17 Kota Jambi Manfaatkan Android

Dibaca: 170 kali

SIDAPOST.ID, JAMBI – Di masa pandemi, hampir semua layanan terbatasi dan banyak memanfaatkan pelayanan berbasis internet. Salah satunya sistem ujian untuk siswa siswi di sekolah menengah. Sejak tahun 2020, SMPN Negeri 17 Kota Jambi menerapkan ujian berbasis android yang memudahkan dan membantu para siswa dan siswi.

“Kita sudah mulai melakukan ujian berbasis android sejak 2020. Bahkan sebelum Covid-19, sudah tiga kali kita melakukan ujian berbasis android dan kalau tidak salah hasil survei, kita pertama yang menerapkan sistem seperti ini,” ujar Kepala SMPN 17 Kota Jambi Bambang Hermanto, Jumat (14/01/21).

Lanjutnya, ujian dilaksanakan secara tatap muka menggunakan android masing-masing dan tidak lupa mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker.

“Jadi pihak sekolah juga mengirimkan password yang diberikan dari operator dan setelah itu anak-anak langsung mengerjakan ujian,” jelasnya.

Kata dia, jika ada murid yang tidak memiliki android, maka pihak sekolah menyediakan komputer untuk ujian. “Tujuan kita pertama sekali yaitu mengharapkan agar siswa dan siswi lebih maksimal hasil ujiannya,” ujarnya.

“Juga tidak terjadi contek – mencontek, supaya anak-anak kita lebih percaya diri, lebih mandiri, hasilnya betul-betul sesuai dengan kemampuan mereka dan terpercaya,” timpalnya. (rat)

ADVERTISEMENT