Usaha Arang Cangkang Kelapa Sawit Jadi Percontohan Kabupaten Muko-Muko

Dibaca: 94 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Wakil Bupati Muko-Muko, Provinsi Bengkulu, Haidir melakukan kunjungan kerja ke Bungo, Senin (14/01). Kunjungan kerja disambut oleh Wakil Bupati Bungo, H Sadruddin Dwi Aprianto di ruang kerjanya.

Dalam kunjungan kerjanya, Wabup Haidir menyampaikan pengolahan usaha turunan, arang dari cangkang sawit yang ada di Kabupaten Bungo menjadi contoh dan potensi untuk dikembangkan di Bengkulu, khususnya Muko-Muko.

“Kami sangat kagum kemajuan dan pembangunan yang ada di Kabupaten Bungo. Kita mendengar informasi di Kabupaten Bungo mempunyai sebuah usaha turunan arang cangkang sawit,” ungkap Wabup Haidir.

Wabup Haidir menambahkan Kabupaten Bungo dan Muko-Muko memiliki kesamaan dibidang ekonomi.

“Perekonomian terbesar di Kabupaten Muko-Muko, terdiri dari kelapa sawit, sawah, dan karet. Selain itu, Muko-Muko dengan kapasitas 14 pabrik CPO, sementara selama ini cakang sawit semua lari keluar. Kedepan kami akan mencoba meperdayakan masyarakat dengan melalui usaha turunan arang cakang sawit,” ucap Haidir.

Sementara Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Aprianto mengucapkan terima kasih atas kunjungan Wakil Bupati Haidir.

“Komoditas Kabupaten Bungo dengan Muko-Muko tidak jauh beda. Di Dusun Gapura Suci, Kecamatan Pelepat ada masyarakat punya usaha cakang sawit, dimanfaatkan untuk arang, bahkan bahan bakunya juga diambil dari Muko-Muko,”ujarnya.

Lanjutnya, mudah-mudahan dari hasil kunjungan ,diimplementasikan di Muko-Muko, dalam langkah meningkat nilai ekonomi dari kelapa sawit, dan masyarakat disana akan didorong dengan usaha yang sama.

“Selama ini kelapa sawit hanya dimanfaatkan dari buah saja, tetapi cakangnya juga bisa dimanfaatkan,” kata Wabup Apri.

Setelah pertemuan kedua wakil bupati saling bertukaran cinderamata. Selanjutnya Wakil Bupati Muko-Muko langsung meninjau lokasi pembuatan arang tersebut. (jul)

ADVERTISEMENT








Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*