BPBD Bungo Ingatkan Warga Waspada Bencana Banjir

Dibaca: 235 kali
Inilah Kondisi Sungai Batang Tebo di Kelurahan Tanjung Gedang, Kab. Bungo

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Musim hujan kembali membuat cemas masyarakat Kabupaten Bungo. Pasalnya, baru saja beberapa hari hujan kondisi sungai batang bungo dan batang tebo mulai naik.

Kepala BPBD kabupaten Bungo, H Tobroni Yusuf mengingatkan masyarakat harus lebih waspada akan terjadinya bencana banjir. Terutana warga yang tinggal di bantaran sungai.

“Ketika musim hujan tiba, masyarakat diminta lebih waspada terhadap bencana banjir dan tanah longsor. Karena beberapa hari terakhir curah hujan di wilayah Bungo cukup tinggi,” kata Tobroni Yusuf, Jumat (13/12/2019).

Dikatakan, bila musim hujan tiba bukan hanya bencana banjir akan tetapi tanah longsor dan pohon tumbang juga perlu diwaspadai. Terlebih yang tinggal di wilayah perbukitan atau banyak batang kayu.

“Intinya lebih waspada saja, karena bila sudah berwaspada maka semua masyarakat terhindar dari bencana banjir, tanah longsor, serta pohon tumbang. Kalau angin kencang bisa saja pohon tumbang,” tutupnya.

Terpisah, Nur Asiah (40) warga Tanjung Gedang, ditemui sidakpost.id, mengatakan, kalau sudah masuk musim hujan seluruh warga dekat sungai lebih waspada. Karena pernah air banjir ketika warga sedang tidur.

“Kalau kami tak kaget lagi pak, karena ditempat kami ini, bila sudah masuk musim hujan banjir pasti datang. Jadi semua warga yang tinggal di dekat sungai sudah berwaspada dari awal,” kata Nur. (jul)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT