Babinsa Serka Sutiyono, Himbau Masyarakat Manfaatkan Posyandu

Dibaca: 101 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Pos Pelayan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan Puskesmas setempat.

Posyandu adalah merupakan salah satu upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM), juga Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat dibidang kesehatan.

Masyarakat sangat perlu memanfaatkan Posyandu di desa yaitu untuk kesehatan ibu dan anak, mengingat anak merupakan generasi aset bangsa dibutuhkan fisik dan mental yang sehat sebagai penerus bangsa dimasa datang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Babinsa Serka Sutiyono Koramil 416 – 07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute, saat menyambangi Posyandu Melati, di jalan Gajah Mada Desa Tegal Arum Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, Rabu (13/11).

Babinsa Serka Sutiyono mengatakan, bahwa Posyandu merupakan program pemerintah dibidang kesehatan masyarakat di pedesaan yang harus disukseskan, untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan mandiri.

“Kepada masyarakat agar memanfaatkan Posyandu untuk tempat konsultasi maupun kesehatan keluarga, jaga kebersihan lingkungan
untuk mencegah warga tidak terkena diare dan gatal – gatal dimulainya musim penghujan,” kata Babinsa Serka Sutiyono.

Masyarakat terutama ibu – ibu agar aktif mengikuti kegiatan di Posyandu, lanjut Serka Sutiyono, untuk mendeteksi kesehatan ibu dan anak demi terwujudnya keluarga yang sehat.

“Posyandu melayani terutama untuk balita yaitu imunisasi, timbang berat badan dan pelayanan bu – ibu serta lanjut usia (lansia).  Keberadaan Posyandu merupakan program bersama antara Mendagri, Menkes RI, BKKBN dan Tim Penggerak PKK,” pungkasnya. (asa)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT