BKTM Aiptu Dadan, Ikut Lestarikan Kesenian Wayang Kulit

Dibaca: 233 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Bhabinkamtibmas (BKTM) Aipda Dadan Juanda dari Polsek Rimbo Ilir , sangat cinta dengan kesenian daerah nusantara dari sabang sampai marauke yang ada diwilayah binaannya seperti Kesenian tradisional Wayang Kulit dan lainnya.

Terbukti dengan kecintaannya kepada Kesenian tradisional nusantara, Aipda Dadan Juanda selain melaksanakan tugasnya sekaligus gemar mengunjungi para Seniman atau Paguyuban Karawitan Wayang Kulit, Paguyuban Kuda Kepang atau Kuda Lumping dan lainnya.

Kali ini BKTM Aipda Dadan Juanda, sambangi Pakde Jimo satu – satunya Pelukis dan Pembuat Wayang Kulit tradisioanal yang masih bertahan sampai sekarang ini di Jalan Surakarta Desa Giriwinangun Kecamatan Rimbo Ilir.

“Kita apresiasi kepada Pelaku Seni, baik itu Seni Lukis maupun Pelaku Seni tradisional yang masih bertahan dan melestarikan hingga saat ini di Rimbo Ilir,” kata Aipda Dadan.

Dikatakannya, kebudayaan daerah Nusantarara hasil karya peniggalan leluhur bangsa Indonesia harus dilestarikan untuk memperkaya khasanah kebudayaan nasional.

Apalagi kesenian daerah bersifat komunikatif, yang dapat untuk media menyampaikan pesan – pesan pembangunan .

“Banyak kesenian daerah yang bersifat komunikatif, salah satunya yaitu Kesenian tradisional Wayang Kulit Kidalangnya dapat menyampaikan pesan-pesan pembangunan pada saat dagelan Puna Kawan,” ujarnya.

Imbuhnya lagi, para Kidalang pada pagelaran Wayang Kulit diharapkan selain membawakan Cerita melalui Pakem Wayang untuk hiburan rakyat, juga pada saat Sesi dagelan Punakawan Kidalang dapat menyisipkan pesan pemerintah dan pesan pembangunan.

“Kita berharap kepada Kidalang dalam pagelaran Wayang Kulit selain menjadikan media hiburan, diharapkan dapat menjadikan media menyampaikan Kamtibmas, Bahaya Narkoba, Radikalisme dan lainnya,” ujarnya. (asa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT