Tinggal 7 Hari Lagi, Festival Batik Bungo Digelar

Dibaca: 68 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Bagian Industri dibawah Dinas Koperindag dan UKM bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bungo yang di ketuai Hj Verawaty Mashuri, S.Pd,.M.Pd kembali menggelar Festival Batik Bungo ke-VI tahun 2018.

Event tahunan ini di prediksi akan lebih spektakuler dari tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan ini akan di gelar di Lapangan Pusparagam (Semagor) Muara Bungo pada tanggal 20-21 Oktober 2018.

Kadis Koperindag UKM H Deddy Irawan, SE,.MM melalui Kabid Industri Sisanti HS, SP menyampaikan. Festival Batik Bungo tahun 2018 akan di isi beberapa rangkaian kegiatan, mulai dari Festival Batik Bungo Road Show Go To School, pemilihan putra putri batik, lomba cipta motif batik hingga lomba produk anyaman.

“Setiap lomba bisa diikuti suluruh anak perwakilan sekolah se Kabupaten Bungo sesuai kategori, untuk pendaftaran gratis, bisa menghubungi Vinto atau langsung ke sekretariat panitia di Dinas Koperindag dan UKM,” ujar Kabid Industri ini, Kamis (11/10/2018).

Sementara Vinto sebagai pengarah utama Festival Batik Bungo mengatakan. Untuk tahun ini panitia menambah kategori pemilihan putra putri batik menjadi tiga tingkatan, tinggak SD sederajat, SMP sederajat dan SMA sederajat.

Panitia juga menambahkan lomba cipta motif batik untuk tingkat SMP sederajat dan lomba pembuatan produk anyaman tingkat SMA sederajat.

“Pendaftaran untuk semua kategori terakhir tanggal 18 Oktober 2018, kecuali untuk putra putri batik tingkat SMA sederajat kita tutup tanggal 17 Oktober 2018,” ujar Vinto.

Selain item lomba, panitia di tahun ini juga akan mengunjungi empat sekolah sebagai rangkaian Festival Batik Bungo road show go to school, kunjungan ke rumah Dekranasda, kunjungan ke sentral kerajinan Lapas Muara Bungo dan pengrajin batik hingga anyaman.

Vinto menambahkan, selain mendaftar dengan cara menghubungi nomor 0821 8089 0990 dan 0821 7691 9800, perwakilan sekolah atau pelajar bisa mendaftar langsung ke Dinas Koperindag dan UKM atau bisa dengan men doawnload syarat serta formulir di portal online swarnajambi.co.id dan indikator.id.

Sementara creatif event Akhmad Ramadhan menambahkan. Selain item lomba dan rangkaian kegiatan di atas tersebut. Panitia juga mengajak masyarakat Bungo, pelajar dan para pelaku UMKM serta pengrajin batik untuk mengikuti kirab dan pembentangan Batik Bungo sepanjang 200 meter. Kirab ini akan mengelilingi kota Bungo dengan berjalan kaki.

Kegiatan perdana di Jambi ini bertujuan untuk memperkenalkan ragam motif batik Bungo dan mempromosikan batik Bungo hingga ke tingkat Nasional.

“Kita berharap kegiatan ini bisa menjadi konsumsi nasional, khususnya Jambi karena perdana di lakukan. Tentu harapan kita Batik Bungo makin di kenal dan makin melekat dengan masyarakat, dengan demikian para pengrajin Batik Bungo akan lebih menggeliat dalam berproduksi,” ujarnya.

Untuk kegiatan kirab dan pembentangan batik Bungo terpanjang akan di gelar pada Minggu pagi, 21 Oktober 2018 pukul 07.00 Wib, dengan start dari arena car free day di depan rumah dinas Bupati Bungo menunju lapangan Pusparagam (Semagor) Muara Bungo.

“Pelajar, komunitas, mahasiswa dan masyarakat umum bisa ikut serta. Kita mengajak masyarakat Bungo untuk bersama-sama mempromosikan Batik Bungo, untuk menjadi bagian dalam kirab ini silahkan kontak 0822 8157 6955,” terang Ramadhan. (zek)

ADVERTISEMENT


Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*