Hujan Sebentar Jalan Tergenang Air, Drainase Kurang Berfungsi?

Beginilah Kondisi jalan di dekat loper koran dalam kota Muara Bungo Bila Hujan Tutun terendam air. Foto : sidakpost/zakaria

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Hujan deras sebentar di wilayah kota Muara Bungo sejumlah titik tergenang air. Itu disebabkan drainase yang kurang berfungsi membuat air resapan air dari drainase agak lambat sehingga menggenangi jalan.

Pantauan sidakpost di lapangan, sejumlah titik memang kerap digenangi air bila hujan deras turun. Seperti di jalan Toyib R.H dan dekat loper koran, sering tergenang air bila hujan deras. Ini bukan sekali ini saja tapi sudah berulang ulang.

Kondisi jalan Toyib pasar bawah Muara Bungo. Foto ; sodakpost/zakaria

Yudi seorang pengemudi roda empat kepada bacabe mengungkapkan, daerah sini memang sering tergenang air kalau hujan deras. Karena resapan air agak lambat, mungkin drainasenya sudah kotor atau jarang dibersihkan jadi bila hujan turun air tergenang.

“Kita berharap dinas terkait turun dan lihat langsung kondisi drainase di dalam kota Bungo. Karena setiap musim hujan pasti air terendam dan menghambat pengguna jalan,” katanya.

Hal itu juga dibenarkan oleh ketua Ormas Gempur Alpindo Mustakim, beberapa hari lalu sudah pernah disoroti kalau drainase dalam kota Muara Bungo tidak pernah dirawat. Hari ini terbukti, saat hujan deras turun air pasti tergenang.

“Kalau drainase bersih tidak mungkin air itu tergenang di jalan. Jadi tolong dinas terkait cek langsung ke lokasi. Kalau mau tahu lihat saat hujan turun pasti resapan air lambat. Ini membuktikan kalau drainase sudah kotor dan jarang dibersihkan,”kata ketua Gempur. (zek)