Kemarau & Kabut Asap Tebal, Pemkab Tebo Himbau Ponpes Sholat Istisqo

Dibaca: 177 kali

SIDAKPOST.D, TEBO – Musim kemarau terus berkepanjangan dan diperparah lagi adanya kabut asap tebal yang ditimbulkan akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhtla), membuat Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Kabupaten Tebo sudah Kategori 399 Bahaya.

Menyikapi kondisi ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo melalui Surat Edaran dihimbau kepada seluruh Camat, agar melaksanakan Sholat Istisgo terutama bagi Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada diwilayahnya masing – masing.

Bupati Tebo H.Sukandar, melalui Asisisten I Amsiridin saat dikonfirmasi Sidakpost.id, membenarkan bahwa Pemkab Tebo sudah memerintahkan seluruh Camat untuk menggelar Sholat Istisqo, terutama Ponpes yang ada diwilayahnya.

“Benar, Pemkab Tebo melalui Kabag Kesra sudah melayangkan Surat Edaran kesetiap Kecamatan agar melaksanakan sholat Istisqo atau Sholat minta hujan terutama Ponpes untuk mengajak santrinya menggelar Sholat Istisqo agar di Tebo bisa turun Hujan, ” ungkap Amsiridin, Jumat (13/9/2019).

Ditambahkan Asisten I , masyarakat dihimbau jangan menbuka lahan untuk kebun dengan cara dibakar dan jangan membakar sampah dusembarang tempat, karena dapat mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan.

“ISPU di Kabupaten Tebo saat ini sudah mencapai level 399 Bahaya, asap tebal sudah menyelimuti sejumlah wilayah Kabupaten Tebo, untuk itu mari kita cegah terjadinya kebakaran, “tandasnya. (nwr/asa)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT