Wabup Bungo Hadiri Peringatan Harkopnas Ke -72

Dibaca: 36 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Aprianto, S.Pd didampingi Ketua GOW Kabupaten Bungo Hj Nining Wilasari, menghadiri puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 tahun 2019, yang dipusatkan dihalaman Kantor dinas Koperasi dan perindag, Kabupaten Bungo, Selasa (13/8/2019).

Tampak hadir, Sekda H Ridwan Is, Perwakilan OJK Provinsi Jambi, Kepala Cabang Bank 9 Jambi, kepala OPD, unsur forkopimda serta para pelaku UKM dan pelaku koperasi di kabupaten bungo dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil bupati bungo H Safrudin dwi aprianto mengatakan dalam perjalanannya koperasi sering mengalami dinamika yang luar biasa, ada yang maju, sangat maju dan belum maju.

“Dari data sejak tahun 2014 sampai 2018 kementerian koperasi Republik Indonesia, melaksanakan Reformasi total koperasi, dari data koperasi diprovinsi jambi, 3.896 ribu koperasi yang aktif hanya 1.952 ribu, yang tidak aktif atau berpotensi dibubarkan 1.444 ribu koperasi.

“Sedangkan koperasi dikabupaten bungo dari 318 koperasi diseluruh kabupaten bungo yang aktif 113 kemudian yang selebih nya tidak aktif dan berpotensi dibubarkan, mudah-mudahan koperasi dikabupaten bungo yang belum aktif segera aktif,” tutur Wabup Apri.

Selain itu, Wabup apri mengakui UMKM dikabupaten bungo memiliki potensi di 17 kecamatan, namun memilki berbagai kelemahan, mulai dari minim dari aspek akses, baik informasi dan permodalan,

“Insya allah kedepan, kabupaten bungo akan menjadi tujuan dan tempat event provinsi seperti MTQ tingkat provinsi jambi, mudah-mudahan Dinas koperasi UKM dan perindag kabupaten bungo terus mengejar bola kepada koperasi dan pelaku UKM, karena keinginan kita koperasi dibungo berkembang dan pelaku usaha nya terus bangkit,” ungkap Wabup Apri.

Sementara, Kepala dinas Koperasi UKM dan perindag kabupaten bungo, Dedi irawan mengatakan dalam memajukan UMKM dikabupaten bungo, pihak nya juga bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk pihak perbank kan dan sudah melatih 225 orang pelaku UMKM.

UMKM di Kabupaten Bungo memiliki potensi besar kedepan terlebih pada bulan oktober tahun ini yakni Hut kabupaten bungo kemudian MTQ tingkat provinsi jambi, mudah-mudanan ini menjadi peluang dalam mempromosikan produk daerah,

Selin UMKM, koperasi dikabupaten bungo mampu bersaing ditingkat nasional, seperti koperasi Karya harapan mukti mendapat penghargaan tingkat nasional pada puncak peringatan Hari koperasi nasional di purwokerto.

“Kita cukup berbangga, dan untuk tingkat provinsi jambi, koperasi Kpn handayani juga mendapat penghargaan, ini menjadi memotivasi koperasi yang lainnya lebih baik lagi,” imbuhnya. (adv/jul)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT