Beri Contoh Warga Binaan, Babinsa Ardi Budidaya Ikan Kolam Ditengah Pandemi

Dibaca: 346 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Sertu Ardi Hartanto selaku Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bungo Tebo ditengah masih merebaknya pandemi Covid-19, dirinya memberikan contoh edukasi kepada warga diwilayah binaannya dengan membuat usaha sambilan budidaya ikan kolam jenis nila.

Kolam dari tanah dibuat oleh Sertu Ardi Hartanto dibelakang rumahnya dengan ukuran lebar 4 m × 50 m, yang berlokasi di Jalan Anggur Desa Karangdadi Kecamatan Rimbo ilir Kabupaten Tebo.

Babinsa Ardi Hartanto saat dikonfirmasi
menuturkan, bahwa motifasi dirinya membuat budidaya ikan kolam untuk usaha sambilan ditengah pandemi seperti sekarang ini, juga untuk mendorong warga membuat terobosan usaha sambilan.

” Saya buat kolam tanah luas 4 m × 50 m dan disekat menjadi dua kolam lanjut diisi benih ikan nila sebanyak 4000 ekor,
saat ini ikan nila di kolam berkisar berumur dua bulan,”ungkap Babinsa Sertu Ardi, Selasa (13/07/2021).

Dikatakannya, untuk memberi contoh warga tentunya ada baiknya dieinya secara faktual membuat budidaya ikan kolam sendiri lebih dulu, sehingga warga akan lebih semangat saat di ajak budidaya ikan kolam.

“Sikapi pandemi saat ini dengan tenang dan tetap beraktifitas mencari nafkah, dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga pandemi tidak menjadi penghalang untuk berusaha mencari rezeki,”ujar Sertu Ardi.

Sambungnya lagi, disaat pandemi sekarang ini warga harus bisa membuat usaha terobosan untuk sambilan, dengan memanfaatkan lahan kosong untuk bertanam pakawija, sayuran, budidaya ikan kolam dan usaha lainya yang produktif.

“Budidaya ikan kolam bisa untuk usaha sambilan, selain hasilnya bisa untuk menopang pendapatan ekonomi, juga bisa untuk memenuhi gizi keluarga, “pungkasnya. (asa)

ADVERTISEMENT