Musim Kemarau, Koramil 06/Muara Bungo Gencar Patroli Karhutla

Dibaca: 62 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Di musim kemarau ini, Koramil 416-06/Muara Bungo, semakin gencar turun ke lokasi kebun milik warga dan sebagian lahan kosong. Karena dengan cara patroli bisa mendeteksung langsung kejadian kebakaran.

Seperti dilakukan oleh Babinsa Dusun Senamat, Kecamatan Pelepat Ilir, Koptu M Amnin, bersama masyarakat sekitar melaksanakan sosiaslisasi dan patroli karhutka secara meraton di beberapa titik rawan kebakaran.

“Sasan patroli kita hari ini, selain lahan kosong juga memasuki perkebunan masyarakat, karena dengan cara seperti ini, pencegahan karhutla bisa dicegah dari awal, sehingga bisa menimalisir ada kejadian karhutla atau tidak,”katanya.

Disela patroli, masyarakat juga diajam berperan aktif secara bersama-sama untuk menjaga setiap lingkungan dan lokasi perkebunan mereka, paling utama tidak membuka lahan dengan cara dibakar, serta mengingatkan warga lain untuk berhati-hari bila membuang rokok yang sudah dibakar.

“Kejadian karhutla, lebih banyak terjadi karena unsur kesengajaan oleh sebab itu, masyarakat terus kita ingatkan agar kebih berhati-hati karena sekarang musim kering. Selama patroli tak ada ditemukan titik api,” imbuhnya. (red)

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT