Akibat Kemarau, Petani Lubuk Benteng Tunda Menanam Padi

Dibaca: 101 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Saat ini sudah masuk musim Kemarau ditahun 2019, sejumlah petani padi di Desa Lubuk Benteng Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo tak bisa melakukan proses menanam padi di sawah. Pasalnya lahan tadah hujan milik petani, kondisinya dalam keadaan kering dan gersang.

Seyogianya para petani di Desa Lubuk Benteng ini sudah turun kesawah menanam padi, tetapi akibat musim kemarau mereka harus menunda penanaman padi hingga datangnya adanya musim penghujan.

Hal tersebut dikatakan Gapoktan Desa Lubuk Benteng Susanto, menurutnya ada sebanyak 80 orang petani menunda penanam padi disebabkan Sawah mereka masih dalam keadaan kering.

“Persawahan petani lagi kering dan gersang, petani masih menunggu hujan turun baru bisa menanam padi,. mengingat sawah disini belum ada irigasi,” kata Susanto, Sabtu (12/7/2019).

Sementaran itu, Kades Lubuk Benteng M.Yusuf dikonfirmasi menuturkan, dirinya bersama petani yang lain harus menunda penanam padi hingga hujan turun persawaan ada airnya. Persawaan disini sehak dibuka pada tahun 2018 oleh pemerintah pusat, sampai sekarang ini belum ada irigasinya.

“Kita mengharapkan kepada Pemkab Tebo melalui Dinas terkait agar mencari solusi untuk membuat irigasi atau bendungan air di desa ini, agar petani tidak lagi terkendala dalam proses penanaman padi,” harapnya.(nwr/asa)

ADVERTISEMENT