Meski Dilalui PT.KIM, Sungai Batang Asam Aman untuk Wisata

Dibaca: 143 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Meski sungai batang asam, Kecamatan Jujuhan, Bungo dilalui oleh PT.KIM, akan tetapi kondisi air sungai aman digunakan untuk warga mandi dan bersantai bersama keluarga.

Seperti kegiatan mandi besamo dari PKK kecamatan Jujuhan sebelumnya hanya didalam gedung, kali ini digelar di sungai dengan berbagai agenda dan kegiatan di ikuti oleh seluruh ibu-ibu PKK dan warg sekitar, Rabu (7/4/2021) kemarin.

Camat Jujuhan Syafrizal, SE dikonfirmasi mengatakan, kegiatan arisan pengerak PKK Jujuhan kali sengaja dilaksanakan di pinggir sungai lubuk lesung. Dengan tujuan untuk menyatukan kebersamaan.

“Air sungai sangat aman bagi yang ingin mandi atau berwisata bersama keluarga. Karena air sungai hingga sekarang tetap terjaga dari pencemaran. Baik itu PETI ataupun dari limbah PT. Meski sungai ini dilalu oleh PT.KIM tapi air sungai tidak tercemar,”kata Camat.

Dikatakan, dengan cara seperti ini juga bisa mempromosikan temlat widata ke daerah luar bahwa, di Tanjung Belit ini sungainya aman untuk rekreasi terlehih yang ingin mandi bersama keluarga. Tak dipungkiri semua itu berkat dukungan dari masyatakat dan pihak perusahaan.

“Kami sangat senang biasanya kegiatan Tim PKK biasanya di ruangan sekarang dilaksanakan di area terbuka, sambil mandi menggunakan pelampung, makan diatas daun sekigus senam bersama,” katanya.

Hal senada dikatakan, Jonri Yusren Rio Tanjung Belit dikonfirmasi menyebutkan dengan adanya kegiatan Tim PKK Jujuhan gelar acara di pinggir sungai batang asam ini, secara tidak langsung sudah memberi tahu ke masyarakat luas kalau air sungai disini aman untuk wisata bagi keluarga.

“Kami akui meski sepanjang sungai ini dilalui oleh PT.KIM akan tetapi sungai ini tidak tercemar sama sekali. Bahkan KIM sudah sangat banyak berbuat bagi warga sekitar area tambang,”timpalnya.

Sementara itu, Farid Setiawan Eksternal Relation PT. Kuangsing Inti Makmur saat dikonfirmasi mengatakan, manajemen terus berupaya menjaga kelestarian agar sungai di lalui oleh KIM tetap aman dan bisa digunakan untuk wisata keluarga.

Tidak itu saja, KIM juga terus membantu masyarakat terdampak wabah covid-19. Seperti tahun lalu, KIM menyalurkan bantuan sembako kepada warga di area sekitar PT.KIM. Dan juga program CSR terus dimaksimalkan agar benar-benar disarakan oleh masyarakat.

“Kami terus berkomitmen selama masa pandemi ini, tetap berbuat untuk warga sekitar. Menjaga lingkungan dan peduli kepada masyarakat sudah kewajiban kami, dan paling penting memutus mata rantai penyebaran virus corona cukup patuhi prokes dan pola hidup sehat,” tutup Farid. (adv/zek)

ADVERTISEMENT