Babinsa Koramil 03/Sungai Bengkal Monitoring Padi Warga

Dibaca: 127 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Koramil 416-03/Sungai Bengkal, Kodim 0416/Bute meonitoring tanaman padi bersama PPL, di Kelurahan Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo, Sabtu (13/4/2019).

Babinsa Serka Zarkisman mengatakan, persemaian merupakan hal penting dalam dalam pertanian, termasuk budidaya tanaman padi. Beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman terletak pada persemaian yang di persiapkan yaitu penyiapan lahan semai, jenis tanaman serta varietas tanaman yang tentu harus unggul dan bagus untuk di tanam dan juga dalam segi perawatan.

Dalam budidaya padi, benih padi yang bagus atau varietas yang unggul cenderung lebih tahan terhadap hama dan penyakit, pertumbuhan yang bagus, waktu panen lebih singkat dan hasilnya memuaskan atau mencapai hasil yang optimal.

Dalam bidang ini Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 416-03/Sungai Bengkal Kodim 0416/Bute, Serka Zarkisman, bersinergi dengan PPL setempat terus berupaya memberikan pendampingan kepada petani diwilayah binaannya, Sabtu (13/04/19).

“Kali ini kita bantu merawat bibit tanaman padi varietas IR 64 milik M.Ali, anggota kelompok tani Sei Baung yang terletak di Kelurahan Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo,” ujarnya.

Pendampingan ini sebagai salah satu bentuk tugas pendampingan dalam rangka upaya khusus swasembada pangan yang dilakukan oleh Babinsa kepada petani dan memberikan motivasi, bahwa Babinsa setiap saat siap membantu memberikan pendampingan terhadap kelompok tani demi meningkatkan hasil panen untuk kesejahteraan petani.

“Di lapangan kita diharapkan bisa memberi contoh serta memberikan dorongan semangat kepada Kelompok Tani untuk bercocok tanam, percepatan masa tanam secara otomatis masa panen pun akan lebih awal, sehingga untuk masa tanam berikutnya nanti tidak ada keterlambatan,” pungkas Zarkisman, Dampingi Petani Merawat Benih Padi. (red)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT