Momen HPN 2023 Asosiasi Jurnalis Batang Bungo Berdiri, Zakaria : Pers Arus Utama Informasi

Tampak Pendiri dan Pengurus Harian AWBB foto bersama usai musyawarah. Foto : sidampost.id/Indra sakti. Biro Bungo

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Setelah bincang – bincang bersama para jurnalis di batang Bungo. Akhirnya sepakat, perkumpulan pers aliran sungai batang Bungo terbentuk. Dimana aliran bantang Bungo meliputi 4 kecamatan yakni, Bungo Dani, Muko-Muko Bathin VII, Rantau Pandan, dan Batin III Ulu.

Sebentar lagi Asosiasi Wartawan Batang Bungo Bersatu (AWBB) selesai badan hukum, karena sekarang sedang di proses oleh Notaris untuk lebih legal bagi rekan-rekan bergerak.

Dimana di AWBB tergabung wartawan dari berbagai organisasi kabupaten dan Jambi. Azwari ketua ikatan wartawan Bungo (IWB) Azroni ketua persatuan wartawan Bungo (PWB), Ilham ketua Ikanatab Televisi Bungo (IJTB) dan Zakaria, ketua DPW JOIN Jambi yang juga Pemred sidakpost.id.

Asosiasi wartawan yang disingkat dengan AWBB ini dibentuk dan didirikan sebagai wadah untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan baik sesama anggota maupun dengan pemerintah, pengusaha dan pihak lainnya.

Hasil musyawarah bersama, Azroni, S. Sos dipercaya sebagai ketua AWBB, Sekretaris Abu Nawas dan Bendahara Khairul Pahmi, dan sebagai penasehat Azwari, Zakaria (Jek) dan Alhafiz.

Sementara itu, Bambang Manager Bungo TV sebagai ketua bidang Pemberdayaan Anggota, Darlianto wartawan TV One sebagai Ketua bidang Humas dan Zainal Arifin Ketua Bidan Advokasi yang di bantu oleh Pendos.

Azwari merupakan salah satu pendiri dan wartawan senior di bumi Langkah Serentak Limbai Seayun Kabupaten Bungo-Jambi, saat ini menjabat General manager (GM) Bungonews.net, membenarkan adanya kesepakatan dalam membentuk Asosiasi pers beranggotakan putra daerah aliran sungai batang bungo.

Sebut Azwari ada belasan anggota berlatar belakang sebagai wartawan media cetak harian, Mingguan, online, dan elektronik (TV) yang tergabung dalam AWBB sendiri.

“Setelah beberapa kali pertemuan, akhirnya semua sepakat untuk mendirikan AWBB dan langsung membentuk kepengurusan anggota maupun legalitasnya,” ujar Azwari, Senin (13/2/2023).

Sementara Azroni, S.Sos selaku ketua terpilih AWBB menjelaskan, bahwa tujuan utama dibentuknya asosiasi wartawan ini adalah menyatukan wartawan yang ada di aliran batang bungo, membentuk karakter wartawan profesional dan merealisasikan cita–cita bersama dari seluruh anggota.

“Terima kasih saya ucapkan kepada rekan-rekan semua, karena telah mempercayai saya sebagai ketua AWBB. Insya allah amanah kebersamaan ini akan selalu saya jaga,” ucap Azroni.

Senada disampaikan oleh Zakaria, ketua JOIN Jambi yang juga pemred sidakpost.id mengatakan, lahirnya asosiasi pers batang Bungo ini memberi warna baru bagi pers di batang Bungo. Dengan seperti ini maka tak dapat dipungkiri kebersamaan akan lebih tercipta.

AWBB ini lahir bukan karena kepentingan kelompok, apalagi partai politik tertentu, namun asosiasi ini lebih mempersatukan satu sama lain sesama jurnalis sekaligus membangun iklim informasi berkualitas.

“Ingat pers sekarang tidak sedang baik-baik saja karena kalau dahulu masalah kebebasan pers dipertanyakan. Namun kini bukan itu lagi yang dipersoalkan akan tetapi lebih kepada tanggung jawab pada sebuah berita yang di tulis oleh wartawan,” ujarnya.

Bung Jek sapaan akrabnya mengingatkan dengan ada asosiasi pers batang Bungo ini, tentu lebih mempererat silaturahmi sesama jurnalis. Semoga asosiasi yang dibentuk segera bersama ini bisa maju, dan tidak hanya sekedar didirikan, dan ini momen bahagia, AWBB lahir di HPN 2023.

“Kami juga mohon kepada seluruh aparat dusun yang ada di aliran batang Bungo ikut bersinergi dengan AWBB. Kami ingin aliran batang Bungo lebih bersatu Karena dalam aliran batang Bungo banyak tokoh-tokoh hebat dan juga secara akademis juga tidak perlu diragukan lagi,” ucap Jek. (ind)