Danramil Telanaipura Kenalkan Wasbang kepada Anak-anak saat bermain

Dibaca: 243 kali
Di sela olahraga Minggu (12/12). Danramil Telanaipura Gelar Komsos Wasbang kepada anak-anak sedang bermain/Foto : sidakpost.id

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Danramil 415-09/Telanaipura Kodim 0415/Jambi, Mayor Inf Widi Purwoko, SE. Di sela orahraga mengenalkan apa itu wawasan kebangsaan kepada anak-anak sedang bermain di kawasan perkantoran di Telanaipura, Minggu (12/12/2021).

Danramil Telanaipura, Mayor Inf Widi Purwako mengatakan, bermain sangat lekat dengan kehidupan anak-anak yang menyenangkan dan menjadikan mereka lebih ceria. Dalam bermain ada unsur kebebasan yang merupakan elemen utama, sehingga membuat bermain menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi anak.

“Sayangnya kebanyakan masyarakat kita masih beranggapan bahwa bermain sebagai suatu kegiatan yang hanya membuang-buang waktu dan tidak bermanfaat,”katanya.

Danramil mencoba menepis anggapan yang tidak berdasar tersebut dan coba memberi manfaat yang sangat positif terhadap aktivitas bermain anak-anak. Ia secara santai mengumpulkan anak-anak dan memperkenalkan pengetahuan wawasan kebangsaan (wasbang).

“Saya melihat ketika anak-anak bermain seringkali tidak mendatangkan manfaat dan tujuan yang berarti. Dengan memperkenalkan wasbang terlebih sejak dini, saya yakin akan dapat merubah karakter anak menjadi lebih baik,” ujarnya.

Menurutnya, melalui kegiatan bermain, Anak-anak dapat belajar banyak hal. Bermain merupakan bagian yang amat penting dalam tumbuh kembang anak untuk menjadi manusia seutuhnya.

Peduli terhadap lingkungan, merupakan salah satu materi yang disampaikan Mayor Widi kepada anak-anak, disamping kedisiplinan, patuh terhadap orang tuanya dan hormat menghormati antar sesama dan orang dengan usia yang lebih tua.

“Ya banyak obrolan yang disampaikan, agar anak-anak tumbuh kembang dengan baik, terlebih untuk menumbuhkan kecintaannya terhadap tanah airnya,” jelasnya.

Lanjut Danramil, terbukti saat ditanya tentang keinginannya masuk menjadi anggota TNI, seluruhnya bereaksi sangat mau dengan menunjukkan telunjuk jarinya. Ia berharap agar metode seperti ini dapat diadopsi dan diaplikasikan oleh Babinsa saat melaksanakan tugas binter di wilayah.

“Pembinaan, pengawasan dan bimbingan sejak dini diyakini dapat berpengaruh terhadap karakter anak-anak. Semangat juang dan kompetisi akan muncul dengan sendirinya seiring dengan usia tumbuh kembang yang baik,” imbuhnya. (zek)

ADVERTISEMENT