Perwasitan Forki Jambi Beri Penataran Kepada Wasit dan Juri di Bungo

Dibaca: 423 kali
Pintia Nur Rosikin Saat Praktek kepada Wasit dan Juri.

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Ketua perwasitan Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki) Provinsi Jambi menggelar pelatihan wasit dan juri guna menghadapi kejuaraan Piala Bupati dalam rangka HUT Kabupaten Bungo ke 52, di kantor Disporapar Kabupaten Bungo, Kamis (12/10/2017).

Ketua Forki Kabupaten Bungo Pelda Samsul Bahri mengatakan penataran wasit dan juri di cabang olahraga beladiri khusus sangatlah penting sebelum ada pertandingan resmi seperti kejuaraan tingkat daerah maupun nasional.

Ketua Perwasitan Forki Jambi Sampaikan Penataran Kepada Wasit dan Juri didampingi oleh Bustarman Wasit Forki Jambi.

“Penataran wasit dan juri itu dibutuhkan untuk mengatahui peraturan terbaru baik dari pengurus besar maupun peraturan khusus panitia,” kata Samsul.

Sementara Ketua Perwasitan Jambi, H Suryadi mengatakan pelatihan atau penataran wasit dan juri sebelumnya sudah pernah dilakukan namun, karena besok akan ada pertandingan maka sebelum sejumlah wasit dan juri diberi penataran kembali.

Selain itu, lanjutnya, penataran juga sebagai penyegaran bagi wasit dan juri sehingga mereka bisa lebih rileks sebelum memimpin pertandingan yang akan dilaksanakan besok.

“Selain persiapan pertandingan dalam memperbutkan piala bupati bungo, penataran ini bertunjuan untuk menyaring bibit-bibit wasit dan juri untuk di daerah,” ujarnya.

Karena lanjut dia, Provinsi Jambi masih kekurangan wasit dan juri dalam berbagai agenda perlombaan. Terutama yang ada didaerah masih banyak kekurangan wasit dan juri.

Oleh karena itu dengan adanya penyegaran ini, nantinya bisa melahirkan wasit dan juri yang hadal dalam memimpin pertandingan.

“Kalaulah wasit dan jurinya berkualitas maka, bisa melahirkan bibit-bibit karate-do dan atlit yang berkulaitas pula. Untuk aturan kita tetap mengacu kepada aturan skala nasional mulai dari daerah hingga pusat aturannya sama,” tutupnya. (zek)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT