Sekda Bungo Buka Pelatihan Teknik Pertolongan SAR di Ketinggian

Kornelis, Kepala Kantor Basarnas Jambi bersama Sekda Bungo Mursidi, saling menyerahkan Cendramata. Foto : Juliansyah/sidakpost.id

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Jambi menggelar pelatihan teknis potensi SAR di ketinggian. Pelatihan ini di buka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bungo Drs Mursidi, bertempat di Pos SAR Bungo, Senin (12/9/2022).

Pelatihan tersebut diselanggarakan selama tujuh hari dari tanggal 11 – 17 September 2022, dengan melibatkan 50 peserta terdiri dari BPBD Bungo, BPBD Merangin, BPBD Sarolangun, BPBD Tebo, Dinas Sosial, Damkar, PMI, Forum Panjat Tebing Indonesia, Kompas Adventure, Mapala Gaharu, Pramuka Kwarcab, dan Komunitas lainnya.

Upacara Pembukaan Pelatihan Teknik Pertolongan SAR di Ketinggian. Foto : Juliansyah/sidakpost.id

Baca JugaKepala Basarnas Temui Korban KM Santika Nusantara

Bertindak sebagai inspektur upacara, Sekda Bungo Mursidi mengatakan, mencermati fenomena alam dan permasalahan bencana di Indonesia dewasa ini, mengisyaratkan kepada kita semua bahwa kedepan tugas instansi-instansi di bidang kemanusiaan akan semakin berat.

Baca JugaEmpat Hari Hilang, Nenek Khaminah Ditemukan Warga di Kebun Karet

Karena itu, kata Mursidi, melalui pelatihan tersebut diharapkan dapat menghasilkan kekuatan SAR yang terintegrasi secara masif, sehingga pelayanan SAR yang diberikan kepada masyarakat bisa dilaksanakan secara Cepat dan Optimal.

“Dengan terselenggaranya pelatihan ini, saya berharap para peserta betul-betul mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga nantinya akan mampu mengaplikasikannya dalam pelaksanaan operasi sebenarnya,” ujarnya.