Bungo Mulai Antisipasi Bahaya Kabut Asap

Dibaca: 265 kali
Kondisu Cuaca di Kota Bungo Sekira Pukul 12.15 WIB.

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Kabut asap dibeberapa daerah dalam Provinsi Jambi masuk dalam kategori berbahaya. Di Bungo, hingga saat ini masih belum masuk dalam kategori berbahaya. Namun Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) untuk Kabupaten Bungo belum diketahui.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Prasetyo, mengatakan, pihaknya telah mengajukan pengukuran kadar ISPU ke Jambi. Namun hingga saat ini belum keluar hasil dari pengukuran tersebut.

“Kita tidak punya alat untuk mengukur kadar ISPU. Di Jambi hanya ada satu dan standby di Kota Jambi. Kami sudah mengusulkan tapi belum keluar hasilnya,” ujar Prasetyo.

Kepala Dinas LH ini mengatakan, karena alat cuma satu, maka pengukuran kadar ISPU belum bisa langsung diketahui. Pihak LH baru mengajukan Rabu (11/09).

“Terakhir ISPU di Bungo diukur pada pertengahan tahun ini, dan masuk kategori aman. Untuk saat ini kami belum bisa memberikan informasi karena memang belum ada dari Jambi,” jelas Prasetyo.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, dr H Safaruddin Matondang, mengatakan pihaknya mulai mengantisipasi bahaya kabut asap. Antisipasi dilakukan pihak Dinkes dengan membagikan masker kepada masyarakat.

“Kalau kadar ISPU masuk kategori bahaya atau tidak itu dari LH yang mengajukan pengukuran ke Jambi. Dan hasilnya hingga saat ini belum kami terima. Namun tetap mengantisipasi bahaya kabut asap,” jelas Safaruddin Matondang. (zek)

ADVERTISEMENT