Akibat Kebakaran Lahan, Satu Unit Rumah Nyaris Hangus Terbakar

Babinsa Koramil 06/Muara Bungo ikut membantu Damkar memadamkan lahan yang terbakar. Foto : sidakpost.id/zakaria

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Akibat kebakaran lahan di kelurahan pasir putih, kecamatan Rimbo Tengah, kabupaten Bungo satu unit rumah nyaris hangus terbakar.

Kebakaran terjadi sekira pukul 13.OO WIB, tepat di lingkungan dekat perumahan Kaila 1, Lorong Harapan Baru. Akibat kejadian lahan akhirnya merembet ke rumah warga.

Inilah satu unit rumah terbakar. Foto : sidakpost id/zakaria

Pantauan di lapangan petugas damkar dan warga sekitar berjibaku memadamkan api baik lahan yang sudah terbakar maupun satu unit rumah warga setempat.

Suhendra warga sekitar menuturkan, awal kebakaran terjadi ada salah seorang warga membakar lahan miliknya sekira pukul 11.02 WIB.

Tidak lama kemudian api terus membesar hingga merembet ke seluruh lahan yang ada disekitar. Bahkan satu unit rumah juga nyaris hangus terbakar, beruntung damkar cepat datang.

“Awalnya dari lokasi seorang warga tinggal di tempat kami juga membakar lahan milik dia. Tidak lama kemudian api menjalar ke bagian lain. Kejadian ini sudah ke dua kali, tapi hari ini yang terparah,” ujarnya, Sabtu (12/8/2023).

Afdal Danton Damkar kabupaten Bungo saat diminta keterangan mengatakan tadi ada warga yang menghubungi kalau ada kendaraan lahan di dekat pemukiman.

Setelah mendapat kabar itu, kami turun untuk memadamkan api yang memang sudah menjalar ke bagian lahan yang lain. Tidak beberapa lama kemudian api bisa kami padamkan.

“Tidak lama berselang, ternyata ada rumah yang terbakar dan kami berusaha dengan warga sekitar memadamkan api. Karena api yang bagian atap rumah masih kecil masih bisa kami jinakkan,” ujar Afdal. (zek)