Sertu Syafrizal Koramil 416-07/RB, Ajak Warga Jaga Kebersihan Sungai

Dibaca: 247 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Diketahui bahwa
Sungai merupakan aliran air yang mengalir terus menerus mulai dari hulu menuju ke hilir, Sungai juga berfungsi penting sebagai sumber kehidupan bagi makhluk di sekitarnya.

Jika kondisi lingkungan sungai tercemar, maka kehidupan didalam maupun di sepanjang aliran sungai akan terancam.

Pada umumnya sebagian besar Sungai banyak sudah tercemar dan salah satu faktor penyebabnya adalah kepadatan penduduk tidak sebanding dengan ketersediaan lahan sehingga memaksa sebagian orang untuk menggunakan lahan-lahan yang seharusnya tidak digunakan untuk mendirikan bangunan,
yang muaranya sampahpun dibuang kedalam Sungai yang dapat menimbulkan fatal yaitu musibah banjir maupun tanah longsor.

Ungkapan tersebut disampaikan oleh Sertu Syafrizal Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bungo Tebo, pada saat bersama warga binaan mengecek Sungai Alai, bertempat di jalan Marsawa Desa Tirta Kencana Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo.

Sertu Syafrizal juga mengatakan bahwa warga diingatkan agar tetap menjaga kelestarian Sungai, jangan membuang sampah di dalam Sungai karena bisa menimbulkan banjir maupun tanah longsor.

“Mari kita jaga kebersihan dan lestarikan Sungai selain untuk menghindari Sungai banjir dimusim penghujan, juga air maupun ikannya dapat dinikmati sampai ke anak cucu nanti,”ujar Syafrizal, Kamis (12/08/2021).

Kepala Dusun Casmono mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada bapak Babinsa sudah mengingatkan kepada warga, untuk bersama menjaga kebersihan dan kelestarian Sungai.

“Kepada bapak Babinsa kami sangat berterima kasih yang selama ini aktif memonitor kamtibmas di Tirta Kencana, dan aktif membina warga masysarakat menuju kemajuan desa,”ucap Kadus Casmono. (asa)

ADVERTISEMENT