Bripda Seri Polisi Rimba, Sosok Inspiratif Warga SAD

Sosok Bripda Seri Polisi Rimba yang banyak memberi manfaat bagi suku anak dalam di Bungo. Foto : sidakpost id/Zakaria

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Bripda Seri Santoso merupakan seorang anak dari warga Suku Anak Dalam (SAD) yang lulus menjadi anggota Polri merupakan putra dari Bapak Perencam dan Ibu Tutik dengan latar belakang lulusan SMK jurusan otomotif menjadi polisi Rimba inspiratif.

Betapa tidak, Bripda Seri lulus menjadi anggota Polri Polda Jambi berkat kegigihan serta dukungan orang tua dan masyarakat dusun Dwi karya bakti akhirnya dirinya bisa membanggakan orang tua dan warga SAD yang lainnya.

Kapolres Bungo, Wahyu Bram dibincangi sidakpost.id menjelaskan, Bripda Seri memang ditugaskan, menjadi pendamping dan pengayom Suku Anak Dalam (SAD) di Kampung Kelukup Dusun Dwi Karya Bakti, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo.

“Wilayah binaan Seri, jumlah SAD sebanyak 42 KK dengan jumah warga 150 jiwa yang terbagi menjadi dua kelompok temenggung Badai dan Temenggung Hari,”ungkap AKBP Wahyu Bram, Senin (12/06/2023).

Dikatakan Kapolres, warga dari kelompok Temenggung yang menjadi binaan Bripda Seri ada kelompok yang beragama islam dan ada juga belum punya agama. Tentu kehadiran Seri dapat memberikan edukasi positif kepada warga binaannya supaya konflik sosial antar kelompok tidak terjadi.

“Tugas Bripda Seri memberikan edukasi hukum, tata cara hidup bersih dan langkah-langkah untuk merubah kebiasaan buruk warga SAD menjadi lebih baik layaknya masyarakat umum lainnya,” katanya.

Lanjutnya, Bripda Seri merupakan sosok Polisi Rimba yang menjadi contoh dan penyemangat warga SAD agar dapat mengikuti jejak-jejak perjalanan seri menjadi anggota Polri.

“Kini anak-anak warga SAD yang dulunya berhenti sekolah kembali terpacu dengan berlomba-lomba untuk kembali bersekolah agar nantinya dapat menjadi sosok membanggakan seperti Seri,” tutupnya.

Selain itu, Bripda Seri juga telah memberi warna baru di dunia kepolisian karena dia bukan saja ditugaskan khusus lingkungan warga suku anak dalam, namun seluruh warga sekitar juga merasakan keberadaan sosok Bripda Seri.

“Kami dari pemerintah desa Dwi Karya Bhakti sangat senang polisi sekarang telah memberikan warna bagi masyarakat. Hal itu dibuktikan, dengan setiap persoalan yang ada di tengah masyarakat Meraka selalu hadir,” ungkap Kades Suprianto.

Karena semenjak ada Bripda Seri dibantu anggota Bhabinkamtibmas yang lain warga sangat tenang dan bangga. Karena Polri sekarang sudah sangat dekat dengan rakyat dan selalu membantu kesulitan.

“Untuk di kabupaten Bungo sendiri Polri selalu memberikan respon positif kepada masyarakat. Tentu dengan adanya Polisi dari warga SAD masyarakat menjadi lebih termotivasi untuk membantu tugas Polri,” kata dia.

Sejauh ini, kepolisian sudah sangat banyak membantu masyarakat, mulai pembagian sembako hingga cepat tanggap terhadap setiap permasalahan yang datang. Polri sekarang sudah sangat luar biasa, karena tak hanya dekat tapi juga menjadi sabahat yang baik.

“Pada intinya, sekarang polri sudah peduli dengan keadaan yang sedang terjadi dan belum lagi terhadap Kamtibmas selalu ikut memotivasi agar pos kamling dihidupkan kembali agar situasi aman dan kondusif,” ulasnya. (**)

Penulis : Zakaria