Mendekati Ramadhan, Harga Sembako Merangsek Naik

Dibaca: 349 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Mendekati bulan suci ramadhan 1439 hijriyah yang tinggal menghitung hari, harga kebutuhan rumah tangga di pasaran pun merangsek naik. Terlebih pada harga sembilan bahan pokok atau sembako.

Menurut Rian, pedagang yang berjualan di Pasar Bungur atau yang lebih dikenal dengan Pasar Atas Muara Bungo, kenaikan hampir terjadi pada semua bahan kebutuhan sehari-hari. Diantaranya, Cabai, Bawang Merah, Bawang Putih, Tomat dan Telur.

Dikatakannya, kenaikan harga yang cukup signifikan terjadi pada harga cabai merah, dimana kenaikannya mencapai 10 ribu rupiah per kilogramnya. Sedangkan harga bawang merah mengalami kenaikan sebesar 7 ribu rupiah setiap kilogramnya

“Cabai merah harga biasa Rp.25.000/kg sekarang naik menjadi Rp.35.000/kg. Kalau bawang putih biasanya Rp.18.000, sekarang udah Rp. 25.000/kg nya. Kenaikan harga ini terjadi tiga hari yang lalu. Biasanya menjelang puasa harga naik semua, setiap tahun terus seperti itu,” ujar Rian, Sabtu (12/5/2018).

Rian melanjutkan, untuk harga cabai merah ini bisa dikatakan masih dalam tingkatan wajar jika dibandingkan dengan pelonjakan harga yang sempat mencapai Rp 100 ribu per kilogramnya.

“Untuk harga cabai merah sekarang belum dikeluhkan pembeli. Untuk tomat juga naik harganya sekarang Rp 8.000/kg dimana harga sebelumnya hanya Rp. 4.000,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Rian, untuk harga telur satu karpet juga mengalami kenaikan, dimana dari Rp 40.000 kini menjadi Rp 47.000/karpet.

“Kenaikan harga telur baru 3 hari. Katanya pasokan telur dari Pulau Jawa kurang, jadi sekarang diambil dari Sumatera Barat, Payakumbuh. Rata-rata telur sekarang dari Sumatera semua, soalnya di Jawa lagi kosong, katanya banyak ternak yang mati, makanya harga naik. Ditambah sekarang juga mau puasa,” jelas salah satu pedagang lainnya. (jul)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT