Sertu Heri dan Aiptu Dadan, Bersama Warga Binaan Patroli Cegah Karhutla

Babinsa Sertu Heri Suseno dan BKTM Aiptu Dadan Junda bersama warga, patroli karhutla memantau terjadinya kebakaran, di Desa Sepakat Bersatu Rimbo Ilir. Foto :sidakpost.id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Untuk antisipasi dan cegah dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan, (karhutla) Babinsa Sertu Heri Suseno Koramil 416-07/Rimbo Bujang dan Bhabinkamtibmas Aiptu Dadan Juanda Polsek Rimbo Ilir bersama warga binaan, melakukan Patroli di Desa Sepakat Bersatu Kecamatan Rimbo Ilir, Kabupaten Tebo, Minggu (12/02/2023).

Babinsa Sertu Heri Suseno mengatakan, bahwa dalam setiap melakukan patroli karhutla bersama masyarakat, ia selalu memberikan himbauan kepada masyarakat supaya ikut peduli dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, di wilayah Sepakat Bersatu Rimbo Ilir terutama di titik yang dianggap rawan dengan kebakaran hutan dan lahan.

“Patroli karhutla ini dilakukan dengan rutin bersama warga, pada setiap kegiatan patroli warga diajak untuk aktif monitor adanya indikasi kebakaran hutan dan lahan,” imbau Sertu Heru.

Dijelaskannya, Babinsa sebagai petugas terdepan di desa maupun kelurahan, wajib melaporkan terkait adanya titik api di desa atau kelurahan wilayah binaannya kepada komando atas.

“Kepada warga jangan coba – coba membuka lahan untuk kebun dengan cara dibakar karena berdampak fatal pada kebakaran lingkungan, pelaku pembakaran hutan dan lahan disanksi hukuman penjara dan denda sejumlah uang,” tegasnya. (asa)