Banjir dan Buaya Ancaman Warga Teluk Dawan Tanjabtim, Waspada!

Dibaca: 522 kali

SIDAKPOST.ID, Tanjabtim – Sungai Teluk Dawan yang sempat viral akibat salah satu warganya diterkam buaya, kini sungai tersebut menjadi ancaman nyata, pasalnya sungai tersebut kini meluap hingga ke halaman rumah warga.

Rumah warga pun terendam banjir. Tepatnya, di Kelurahan Teluk Dawan, Kecamatan Sabak Barat, Selasa, (12/1/2021).

Sahrul, seorang warga Teluk Dawan menceritakan, dalam beberapa tahun belakangan ini sungai Teluk Dawan kerap meluap ke halaman warga. Selain akibat pertemuan air pasang ditambah dengan intensitas hujan yang tinggi, sungai itu meluap akibat beberapa anak sungai mengalami penyempitan bahkan buntu sehingga air mengalir ke pemukiman warga.

“Memang dalam beberapa tahun belakangan ini permukiman masyarakat Teluk Dawan ini kerap banjir, karena beberapa anak sungai mengalami penyempitan dan dangkal. Sehingga tidak ada lagi tempat air mengalir yang cukup, makanya sampai ke permukiman warga. Selain itu, ditambah sepanjang bibir permukiman warga ini tidak memiliki tanggul, memperparah kondisi banjir,” terangnya.

Sahrul khawatir, saat air meluap hingga ke jalan dan permukiman warga, karena sungai Teluk Dawan dikenal banyak buaya.

“Mudah-mudahan banjir ini tidak terjadi apa-apa terhadap warga Teluk Dawan. Terus terang air sudah memasuki perkarangan rumah warga dan jalan pun tenggelam, tentu ini sangat membahayakan warga, karena buaya sewaktu-waktu akan datang,” pungkasnya. (Rony)

 

ADVERTISEMENT