Antisipasi Karhutla, Sertu Wianto Ajak Petani Tak membakar Sampah di Kebun

Babinsa Sertu Wianto mengingatkan warga mencegah karhutla, yang tengah membersihkan rumput dikebun karet Desa Giri Purno Rimbo Ilir. Jum'at (11/11). Foto : sidakpost.id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Sertu Wianto Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), dengan cara mendatangi petani karet yang tengah bekerja di kebun karet, bertempat di jalan Madura Desa Giri Purno Kecamatan Rimbo Ilir, Kabupaten Tebo, Jumat (11/11/2022).

Dalam sosialisasinya Babinsa Sertu Wianto mengajak kepada warga atau petani untuk turut peduli mencegah karhutla, dengan tidak membuka lahan dengan cara membakar dan tak kalah penting jangan membakar sampah disembarang tempat, terlebih pada saat musim kemarau.

” Saya selaku Bintara Pembina Desa tak bosan-bosannya mengingatkan kepada warga atau petani, agar pro aktif dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, warga untuk dan siap membantu bila ada kebakaran lahan dan hutan, cepat tanggap dan selalu peduli serta melaporkan kepada aparat atau petugas terkait di desanya, ” kata Wianto.

Tujuan sosialisasi karhutla yaitu supaya masyarakat mengerti bahaya dan dampaknya karhutla, serta sanksinya bagi pelaku tindak pidana karhutla akan berhadapan dengan hukum.

” Jangan coba-coba membuka lahan untuk kebun dengan cara membakar, bagi pelaku kebakaran hutan dan lahan disanksi kurungan penjara dan denda sejumlah uang, sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” tutupnya.