Gawat !! Diduga Limbah Medis Dibuang di TPA Tiyuh Penumangan

Dibaca: 763 kali
Inilah Lokasi TPA di Tulang Bawang Barat.

SIDAKPOST.ID, TUBABA – Banyak ditemukan Limbah medis di Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA), milik Pemkab Tubaba. Seperti jarum suntik, Infus, sarung tangan karet serta bekas Obat-obatan, di Kecamatan Tulang Bawah Tengah, Sabtu (11/11/2017).

Pantauan sidakpost dilokasi, sejumlah limbah medis tersebut disatukan dengan sampah yang lain, sehingga menyulitkan petugas di TPA saat menabur sampah tersebut.

” Ya benar, setiap mobil truck pengangkut sampah ke lokasi TPA, dipastikan ada limbah bekas medis yang dibawa. Bahkan saya pernah tertusuk jarum suntik ketika menabur sampah yang turun dari mobil truck,” ujar Budiman salah satu penjaga TPA Tiyuh Penumangan, sambil menunjukan limbah bekas medis tersebut.

Menurutnya, sampah seperti jarum suntik sering dibuang ke TPA tersebut. Dia heran saja kok limbah medis itu dibuang ke TPA tersebut, yang parah ya disatukan dengan sampah lain yang ada di lokasi TPA.

”Ya, saya tidak tau kalau ada sampah bekas obat-obatan.saat meratakan sampah tersebut,tangan saya tertusuk jarum suntikan.saya kira nggak apa-apa,tetapi ternyata bekas jarum suntikan itu berbahaya, dan saya sakit terkena tetanus tepat ditusukan jarum suntikan bekas itu,” tuturnya.

Bahkan seorang pemulung di TPA tersebut yang enggan disebut namanya mengaku, telah menemukan jarum suntik bekas itu, didalam kemasan plastik hitam, didalam tumpukan sampah yang lain.

“Sudah sering saya temukan adanya jarum suntik bekas, didalam tumpukan sampah yang sudah dikumpulkan di TPA ini,” ungkapnya.

Untuk diketahui, belum diketahui secara pasti dari mana limbah medis tersebut berasal. Sebab, berdasar informasi yang didapat truck pengangkut sampah milik Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Tulang Bawang Barat, hanya membawa sampah dari berbagai pasar dan sampah masyarakat umum saja. (her)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT